facebook

Tukar Denda dengan Penjara, Angelina Sondakh Beberkan Jumlah Hartanya Saat Ini

Farah Nabilla
Tukar Denda dengan Penjara, Angelina Sondakh Beberkan Jumlah Hartanya Saat Ini
Angelina Sondakh (Instagram/ angelinasondakh.fans)

Angelina Sondakh menukar hukuman bayar pengganti Rp 4,5 miliar dengan kurungan penjara 6 bulan.

Suara.com - Sosok mantan politikus Partai Demokrat yang terseret kasus korupsi Hambalang, Angelina Sondakh buka suara mengenai kehidupannya setelah menjalani 10 tahun penjara. Salah satu pengakuannya terkait dengan pertanyaan publik mengenai jumlah harta kekayaan yang kini ia miliki setelah merasakan kebebasan.

Pertanyaan tersebut muncul lantaran dirinya lebih memilih menjalani proses masa tahanan ketimbang harus membayar denda pidana.

Pengakuan perempuan yang kerap disapa Angie tersebut ditayangkan dalam sebuah wawancara yang dipandu oleh Rosiana Silalahi melalui kanal Youtube KompasTV pada Sabtu (2/04/2022). 

Rosiana Silalahi (Rosi) memberikan Angie pertanyaan yang kerap membuat publik penasaran yakni mengenai harta seorang koruptor setelah keluar dari penjara. 

Baca Juga: Pemeriksaan Saksi Tuntas, Kasus Dugaan Korupsi BUMDes Berjo Masuk Tahap Kesimpulan

"Bagaimana dengan pertanyaan banyak orang bahwa 'kan udah korupsi, pasti duitnya masih banyak' boleh saya ingin mewakili pertanyaan publik?" tanya Rosi.

Rosi juga menyampaikan asumsi masyarakat yang berbunyi "koruptor yang keluar dari tahanan itu duitnya masih banyak."

Sontak, Angie memberikan jawaban yang mengejutkan lantaran ia tidak menyangkal asumsi masyarakat tersebut.

"Itu gak salah mbak. Kalo dia bener-bener korupsi. Dan saya gak mengatakan bahwa saya gak korupsi. Saya pernah korupsi, betul. Tapi ketika saya katakan bahwa, oh iya banyak koruptor ataupun kalo saya dikorupsi, kalau saya benar-benar korupsi, pasti saya akan punya banyak duit setelah itu," ujar Angie.

Angie mengaku bahwa dirinya harus membiayai buah hati satu-satunya yang bernama Keanu sekaligus orang tua. Sehingga, ia nilai bahwa sebanyak-banyak apapun harta yang ia korupsi tidak akan mencukupi untuk membiayai mereka selama sepuluh tahun ia dipenjara.

Baca Juga: Siapa Dalang yang Jerumuskan Angelina Sondakh? Opa Nyaris Ungkap Sosoknya

"Beda ceritanya, kalau dipenjara itu gratis. Bukan saya mengatakan penjara itu ada pungli atau apa, enggak. Artinya, kalau saya kan harus membiayai Keanu, harus membiayai orang tua saya. Mau sebanyak-banyak harta korupsi apapun, itu pasti gak akan nyampe," ungkap Angie mengenai kondisi penggunaan harta kekayaannya semasa dirinya dipenjara.

Komentar