facebook

Amalan Bulan Syawal Selain Puasa, Salah Satunya Bisa Dilakukan bagi Wanita Haid

Rifan Aditya
Amalan Bulan Syawal Selain Puasa, Salah Satunya Bisa Dilakukan bagi Wanita Haid
Ilustrasi amalan bulan syawal (freepik)

Bulan Syawal adalah salah satu bulan yang diistimewakan dalam kalender Islam. Ada banyak amalan bulan syawal yang dianjurkan untuk dilakukan umat muslim

Suara.com - Bulan Syawal adalah salah satu bulan yang diistimewakan dalam kalender Islam. Pada bulan tersebut, umat muslim dianjurkan memperbanyak melakukan amal ibadah. Lantas, apa saja amalan bulan Syawal? Yuk simak penjelasannya berikut ini 

Diketahui, ada banyak amalan bulan Syawal yang bisa dilakukan, yang mana jika dikerjakan akan memperoleh pahala melimpah. Seperti yang diketahui juga bahwa bulan Syawal disebut sebagai penyempurna ibadah bulan Ramadhan. 

Oleh karena itu, amalan di bulan Ramadan tak hanya berakhir saat lebaran tiba, namun juga ditingkatkan lagi dengan menjalankan amalan ibadah di bulan Syawal. Adapun beberapa amalan bulan Syawal yakni sebagai berikut:

1. Puasa 6 Hari

Baca Juga: Doa Puasa Syawal, Begini Bacaan, Arti dan Keutamaan Menurut Hadist

Puasa 6 hari di bulan Syawal salah satu amalan sunah dengan pahala yang melimpah. Biasanya, amalan ini dilakukan pad hari kedua di Bulan Syawal hingga hari berikutnya selama 6 hari.

Puasa Syawal 6 hari ini menjadi pelengkap dan penyempurna puasa Ramadan. Puasa 6 hari ini juga dapat dilakukan pada minggu ke-2 Bulan Syawal.

2. Silaturahmi

Amalan sunah berikutnya yang dapat dilakukan di bulan Syawal yakni Silaturahmi. Silaturahmi salah satu ibadah yang memang sering dilakukan dan menjadi semacam tradisi di bulan Syawal atau saat lebaran.

Silaturahmi ini biasanya dilakukan dengan saling memaafkan baik sesama anggota keluarga, rekan kerja maupun teman. Itulah mengapa bulan Syawal ini menjadi bulan yang penuh berkah. Amalan bulan Syawal ini dapat dilakukan oleh wanita meskipun sedang haid.

Baca Juga: Silaturahmi Prabowo ke Rumah Megawati Dinilai untuk Menguatkan Prabowo-Puan Jelang Pilpres 2024

3. Puasa Senin Kamis

Komentar