facebook

Besok, Polisi Panggil Komunitas Sepatu Roda yang Melintas di Jalan Gatot Subroto

Dwi Bowo Raharjo | Yosea Arga Pramudita
Besok, Polisi Panggil Komunitas Sepatu Roda yang Melintas di Jalan Gatot Subroto
Polisi bakal panggil rombongan pesepatu roda yang menggunakan jalan raya di Jakarta bikin geram warganet (Twitter)

"Kami jadwalkan panggil untuk beri edukasi aturan agar paham kegiatan itu tidak dibenarkan sesuai UU."

Suara.com - Polisi akan melakukan pemanggilan terhadap komunitas sepatu roda yang viral di media sosial lantaran melintas di tengah Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Pemanggilan tersebut akan dilakukan pada Selasa (10/5/2022) besok.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes E. Zulpan menyampaikan, upaya pemanggilan itu dilakukan guna memberikan pemahaman terkait pelanggaran Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

"Tentunya ini kami sayangkan dan kedepan Polda Metro Jaya dalam waktu dekat akan panggil komunitas tersebut pada Selasa di Subdit Gakkum untuk memberikan edukasi," kata Zulpan di Mapolda Metro Jaya, Senin (9/5/2022).

Zulpan menyebut, pihaknya juga telah berkoordonasi dengan sejumlah pihak yang menaungi komunitas tersebut. Hanya saja, dia enggan menjabarkan lebih lanjut identitas dari komunitas yang melakukan aksinya itu di jalan raya.

Baca Juga: Promosikan Judi Online 777 di Media Sosial, Selebgram Palembang Ubey Ditangkap Polisi

"Kami jadwalkan panggil untuk beri edukasi aturan agar paham kegiatan itu tidak dibenarkan sesuai Undang-undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Tidak peruntukan sepatu roda melintas di jalan protokol," kata dia.

Lebih lanjut, Zulpan menyebut jika pihaknya tidak akan melakukan penindakan hukum kepada rombongan pesepatu roda yang melintas di jalan raya tersebut. Pemeriksaan, beber dia, dilakukan hanya untuk langkah edukasi.

"Peringatan kami kedepankan tindakan persuasif bersifat edukasi," papar Zulpan.

Bikin Resah

Beredar di media sosial ulah sekelompok komunitas sepatu roda meluncur di jalanan Jakarta bikin kesal pengendara. Sebab, aksi mereka tak hanya membahayakan pengguna jalan, namun diri mereka sendiri.

Baca Juga: Wagub DKI Akan Tindaklanjuti Viral Pleton Sepatu Roda Meluncur Di Jalanan Jakarta

Sontak, video itu viral di media sosial. Aksi ugal-ugalan komunitas sepatu roda itu pun menuai kecaman mayoritas netizen. Mereka dianggap arogan, karena meluncur di jalan yang bukan peruntukan bagi sepatu roda.

Apalagi, dalam video yang beredar itu, aksi serompongan menggunakan sepatu roda itu meliuk-liuk di tengah jalan yang disebut berada di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Dalam video yang beredar itu, arus lalu lintas terlihat ramai oleh pengendara baik sepeda motor maupun mobil. Salah seorang yang menggunakan sepatu roda bahkan seperti 'ogah' diingatkan ketika sebuah mobil melintas. Mereka dengan santainya meliuk-liuk beriringan meluncur di tengah jalan yang ramai.

Gerombolan pesepatu roda itu meluncur memanjang beriringan sepanjang jalan raya. Seolah tak peduli dengan pengendara lain yang melintas.

Komentar