facebook

Kronologi Tabrakan KMP Trisila Bhakti 2 Vs KMP Gerbang Samudra 2 di Pelabuhan Ketapang

Agatha Vidya Nariswari
Kronologi Tabrakan KMP Trisila Bhakti 2 Vs KMP Gerbang Samudra 2 di Pelabuhan Ketapang
KMP Trisila Bhakti 2 Tabrakan dengan KMP Gerbang Samudera di Perairan Selat Bali. [Instagram/@kalipuro24jam]

Berikut kronologi tabrakan dua kapal besar di Pelabuhan Ketapang yang terekam CCTV dan beberapa kamera amatir.

Suara.com - Terjadi kecelakaan antara KMP Trisila Bakti 2 dan KMP Gerbang Samudera 2 di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (13/5/2022) pukul 18.00. Tabrakan dua kapal Feri ini diduga akibat arus yang kuat di perairan selat Bali.

Insiden kecelakaan kapal laut tersebut terekam dari CCTV yang ada di dermaga dan beberapa rekaman amatir. Berikut kronologinya.

Peristiwa ini berawal saat KMP Trisila Bhakti hendak menuju Pelabuhan Gilimanuk Bali dan berangkat melalui Dermaga Ponton. Pada waktu yang hampir bersamaan, Kapal Gerbang Samudra II berangkat dari arah Dermaga MB I. 

Selang beberapa menit keduanya bertabrakan. KMP Trisila Bakti 2 di perairan selat Bali, Jumat (13/5/2022) pukul 18.00 waktu setempat. Detik-detik peristiwa kecelakaan itu terekam kamera ponsel warga.

Baca Juga: Penumpang KMP Trisila Bhakti II Ini Merekam Detik-detik Kecelakaan, Nyaris Tertabrak Moncong KMP Gerbang Samudra II

Dalam beberapa video yang diunggah oleh akun @infopenyebrangan tampak KMP Trisila Bakti 2 dan KMP Gerbang Samudera baru saja keluar dari dermaga.

Dua kapal tersebut terlihat menuju laut. Akan tetapi, kedu kapal itu bertemu di satu titik, hingga tabrakan sulit dihindari. Ujung dan badan kapal saling bertabrakan.

Meski terekam hanya dengan kamera amatir dan CCTV, video detik-detik tabrakan dua kapal itu terlihat dengan jelas. Begitu pun dengan suara dentuman yang terdengar jernih.

Video berikutnya tampak beberapa kerusakan di bagian dalam kapal tepatnya di bangku penumpang. Bagian samping kapal juga hancur. Sementara kursi penumpang terlihat patah dan puingnya berserakan.

Beruntung kapal tidak mengalami kebocoran, hanya kerusakan di beberapa material. Kapal yang saat itu akan menuju Pelabuhan Gilimanuk, langsung putar balik kembali ke Pelabuhan Ketapang.

Baca Juga: KMP Trisila Bhakti II Vs KMP Gerbang Samudra II di Pelabuhan Ketapang, Seorang Penumpang Terluka

Selanjutnya, ada unggahan dari akun Instagram @bwi24jam yang memperlihatkan kepanikan para penumpang di kapal.

Komentar