facebook

3 Fakta Lin Che Wei Jadi Tersangka Baru Mafia Minyak Goreng, Sementara Ditahan 20 Hari

Farah Nabilla
3 Fakta Lin Che Wei Jadi Tersangka Baru Mafia Minyak Goreng, Sementara Ditahan 20 Hari
siapa Lin Che Wei (irai.co.id)

Lin Che Wei ditetapkan jadi tersangka kasus mafia minyak goreng. Ia diduga melakukan korupsi fasilitas ekspor crude palm oil (CPO) dan turunannya.

Lin Che Wei ditangkap dengan dugaan terlibat korupsi minyak goreng. Seperti apa sosoknya? Simak fakta-fakta Lin Che Wei terlibat korupsi minyak goreng berikut. 

Masyarakat Indonesia sempat dihebohkan dengan kelangkaan dan kenaikan harga minyak goreng pada penghujung tahun 2021 tepatnya di bulan Oktober, hingga Maret 2022.

Setelah dilakukan penyelidikan lebih lanjut soal kelangkaan dan kenaikan harga minyak goreng tersebut, ternyata nama seorang ekonom yang cukup dikenal, Lin Che Wei muncul sebagai tersangka baru yang turut terlibat di balik adanya kasus mafia minyak goreng.

Lin Che Wei diduga melakukan tindak pidana korupsi berupa fasilitas ekspor crude palm oil (CPO) dan turunannya. Berikut fakta-fakta Lin Che Wei dalam kasus korupsi minyak goreng yang telah dirangkum Suara.com.

Baca Juga: Tetapkan Lin Che Wei Jadi Tersangka, Kejagung Periksa Tujuh Saksi Kasus Korupsi CPO

1. Ekonom Terkenal di Indonesia

Sosok Lin Che Wei sebelumnya dikenal sebagai seorang ekonom. Namanya sudah terkenal di Indonesia karena ia juga sempat menjadi seorang konsultan dan analisis di berbagai perusahaan.

Tidak hanya itu, Lin Che Wei juga merupakan seorang pendiri dari Lembaga Keuangan Independent Research & Advisory Indonesia (IRAI). Tidak hanya itu, Lin Che Wei juga pernah mengikuti debat Calon Presiden Tahun 2003.

Pada tahun 2019, Lin Che Wei menjadi salah satu dari 5 orang yang ditunjuk oleh Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartanto untuk menjadi Tim Asistensi.

2. Terjerat Beberapa Pasal Atas Tindakannya

Baca Juga: Perjalanan Karier Lin Che Wei, dari Ekonom hingga Jadi Tersangka Baru Kasus Korupsi CPO

Pihak penyidik yang menangani kasus Lin Che Wei ini menemukan barang bukti keterlibatan tersangka, barang bukti tersebut sebagian besar merupakan alat bukti elektronik.

Komentar