facebook

Emak-emak Panik Kena Tipu dan Kartu ATM Tertelan Saat Ambil Uang, Modus Penipuan Bikin Publik Elus Dada

Farah Nabilla | Elvariza Opita
Emak-emak Panik Kena Tipu dan Kartu ATM Tertelan Saat Ambil Uang, Modus Penipuan Bikin Publik Elus Dada
Ilustrasi atm (freepik.com/dragana-gordic)

Publik menilai modus penipu sudah sangat jelas, namun entah mengapa korban mengikuti saja seluruh instruksi yang diberikan.

Suara.com - Masyarakat harus waspada dengan berbagai modus penipuan ketika melakukan transaksi pengambilan uang di ATM. Pasalnya bila tidak berhati-hati, bisa jadi mengalami kejadian malang seperti berikut.

Dilihat di akun Instagram @terangmedia, terlihat seorang ibu-ibu yang dengan kalut menceritakan pengalamannya terkena penipuan saat mengambil uang di sebuah ATM yang berlokasi di depan kantor pemerintah kabupaten.

Sebagaimana transaksi pengambilan uang pada umumnya, ibu itu pun memasukkan kartu ATM-nya ke dalam mesin. Saat itulah ia melihat ada sesuatu tertempel di layar.

"Di sini ada bacaannya, saya pikir ini instruksi dari bank jadi saya ikuti: Jangan pencet tombol Bahasa Inggris," ujar wanita itu, dikutip Suara.com pada Sabtu (21/5/2022).

Baca Juga: Pria Tak Bercelana Mondar-mandir di Jalanan Pekanbaru Resahkan Warga: Wah Bahaya!

"Nah saat itu ATM saya kayak tertelan," imbuhnya. "Saya pencet pin ndak bisa sama sekali, apapun nggak bisa di klik, nggak ada gunanya."

Kepanikan tak bisa dicegah dan saat itulah ia melihat sebuah tempelan lagi tepat di bagian bawah panel angka mesin ATM.

"Kalau... masalah... macet... pin Anda... pencet terus... tombol (Ya/Yes). Cepat... call Bank Sumut, biar dikeluarkan," begitulah isinya, sekaligus menyertakan nomor yang bisa dihubungi.

Emak-emak panik kena tipu dan kartu ATM tertelan, modus penipuan bikin publik elus dada. (Instagram/@terangmedia)
Emak-emak panik kena tipu dan kartu ATM tertelan, modus penipuan bikin publik elus dada. (Instagram/@terangmedia)

Modus penipuan inilah yang membuat publik semakin terperangah. Pasalnya sejumlah warganet menilai seluruh instruksi tersebut sangat tidak meyakinkan, namun nyatanya tetap diikuti oleh ibu-ibu yang panik di video ini.

Termasuk dengan menghubungi nomor di kertas tersebut dan diangkat oleh seseorang yang mengaku perwakilan Bank Sumut. "Nah dia minta data saya, karena dia bilang mau keluarkan ATM saya, makanya saya tunggu," tuturnya.

Baca Juga: Ikhlas, Pria Ini Lepaskan Bajunya untuk Dijadikan Kain Kafan Kucing Mati yang Tertabrak di Jalan

Beberapa pertanyaan yang disampaikan seperti nama hingga tanggal lahir. Ibu itu pun menjawab dengan patuh, sambil terus berharap kartu ATM-nya bisa keluar lagi.

Komentar