facebook

Kelebihan Multi Lane Free Flow, Transaksi Tol Tanpa Sentuh dan Antre Panjang

Agatha Vidya Nariswari
Kelebihan Multi Lane Free Flow, Transaksi Tol Tanpa Sentuh dan Antre Panjang
Foto udara suasana antrean kendaraan pemudik dari arah Jakarta yang akan memasuki Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (30/4/2022). ANTARA FOTO/Aji Styawan

Berikut ini informasi mengenai kelebihan Multi Lane Frame Flow (MLFF) yang bakal gantikan E Toll

Suara.com - Inovasi baru dilakukan untuk meningkatkan pelayanan yang maksimal bagi pengendara jalan tol. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menerapkan teknologi transaksi nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF).

Inovasi ini mengacu pada teknologi Toll Road 4.0  yang sesuai dengan Transformasi, Inovasi, dan Modernisasi (TIM) Jalan Tol di Indonesia. Nantinya, pengendara selaku pengguna jalan tol tidak perlu berhenti lagi di gerbang tol apalagi mengantri tapping kartu uang elektronik saat melakukan pembayaran.

Melansir dari laman bpjt.pu.go.id dijelaskan bahwa, implementasi sistem transaksi tol nontunai nirsentuh berbasis Multi Lane Free Flow di jalan tol (sistem MLFF) akan dilakukan secara bertahap. Akan dikenalkan pada akhir tahun 2022, dan diterapkan secara penuh pada akhir tahun  2023. Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Danang Parikesit.

Penggunaan teknologi transaksi nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) memiliki manfaat yang sangat besar dibanding dengan e-toll. Adapun manfaatnya adalah dapat menghilangkan waktu antrian menjadi nol (0) detik. 

Baca Juga: Bayar Tol Tanpa Sentuh Segera Diberlakukan, Ini Perbedaan MLFF dengan E-toll

Seperti diketahui, saat menggunakan kartu e-toll,  pengendara memakan waktu transaksi 5 detik saja, yang sebelumnya menggunakan pembayaran tunai bisa memakan waktu berpuluh-puluh detik.

Menurut Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Danang Parikesit menyatakan bahwa biaya operasi dapat lebih efisien. Selain itu, penggunaan MLFF juga bisa meminimalisir bahan bakar kendaraan.

Sistem ini juga memudahkan pengguna jalan lantaran membayar tol jadi tanpa hambatan, aman, nyaman, informatif, dan berkelanjutan. Selain itu juga dapat meningkatkan efisiensi pendapatan tol dan mengurangi kemacetan di gerbang tol, terutama saat jam-jam padat.

Untuk diketahui, e-Toll adalah kartu elektronik yang digunakan untuk melakukan transaksi sistem pembayaran non-tunai (cashless) saat memasuki jalan tol di seluruh Indonesia. Kartu e-toll ini berisi saldo uang elektronik dengan jumlah saldo yang cukup sesuai jarak tempuh perjalanan dan pembayarannya dilakukan dengan menempel atau tapping di Gerbang Tol Otomatis (GTO).

Kontributor : Agung Kurniawan

Baca Juga: Begini Cara Kerja MLFF, Pengganti Bayar Tol Tanpa Berhenti dan Antre Panjang

Komentar