facebook

Ngeri, Ini Deretan Penembakan yang Terjadi di Sekolah AS Sepanjang 2022

Ruth Meliana Dwi Indriani
Ngeri, Ini Deretan Penembakan yang Terjadi di Sekolah AS Sepanjang 2022
Penembakan Massal di Sekolah Texas, Amerika Serikat (AFP)

Dalam beberapa waktu terakhir, masyarakat di Amerika Serikat dikejutkan dengan sejumlah aksi penembakan massal, yang terjadi di sekolah. Pelakunya masih berusia belasan tahun.

Suara.com - Masyarakat Amerika Serikat kembali dikejutkan dengan peristiwa penembakan di sekolah dasar Robb, di South Texas, pada Selasa (24/5/22).

Dalam peristiwa itu, seorang pria bersenjata berusia 18 tahun, tiba-tiba masuk ke sekolah tersebut dan secara membabi buta melepaskan tembakan ke segala arah.

Akibatnya, sedikitnya 19 anak dan 2 orang dewasa tewas dalam peristiwa tersebut. Sementara pelaku tewas di tempat usai tertembus peluru kepolisian, setelah sebelumnya melakukan perlawanan.

Pihak kepolisian menyatakan, pelaku melakukan aksinya seorang diri, dan hingga kini belum terungkap motif di balik peristiwa tersebut.

Baca Juga: 7 Fakta Menarik Jelang AS Roma vs Feyenoord di Final UEFA Conference League

Ini bukan pertama kalinya peristiwa penembakan massal terjadi di sekolah, di Amerika Serikat. Sejak awal 2022, tercatat sedikitnya ada 38 peristiwa penembakan yang terjadi di lembaga pendidikan di AS, seperti sekolah dan universitas.

Sementara pada bulan Mei sendiri, telah terjadi lima penembakan di sekolah-sekolah di Amerika Serikat, termasuk di SD Robb

Data yang dirilis oleh Educationweek menyebutkan, ada 67 orang tewas atau terluka dalam puluhan peristiwa penembakan massal di sekolah-sekolah di Amerika Serikat, sepanjang 2022.

Dan berikut adalah daftar sejumlah penembakan di sekolah di Amerika Serikat sepanjang 2022.

1. Penembakan di SMA East Kentwood

Baca Juga: Mengerikan Detik-detik Salvador Ramos Tembak Siswa di SD Texas: Siapa Pun yang Menghalangi, Dia Menembak

Pada 19 Mei 2022 lalu, dua orang tercatat terluka akibat dalam peristiwa penambakan di SMA Crossroad Alternative, Michigan. Peristiwa itu terjadi di lapangan sepak bola sekolah, pada saat berlangsung upacara kelulusan.

2. Walt Disney Magnet School

Pada 17 Mei 2022, seorang anak sekolah dasar berusia 8 tahun kedapatan menbawa sebuah senjata api jenis pistol, di Walt Disney Magnet School, di North Side.

Anak tersebut diketahui mengambil pistol milik ibunya di rumah, lalu membawanya ke sekolah. Alhasil, seorang anak berusia 7 tahun tertembak peluru ketika sebuah tembakan tak sengaja terlepas dari pistol tersebut.

3. Penembakan di South Education Center, Minnesota

Pada Februari 2022, terjadi penambakan di South Education Center, Minnesota. Dua remaja diduga terlibat sebagai pelaku penambakan tersebut, yakni Alfredo Rosario Solis, berusia 19 tahun dan Fernando Valdez-Alvarez yang berusia 18 tahun.

Akibat penambakan itu, seorang siswa berusia 15 tahun tewas dan seorang siswa berusia 17 tahun kritis.

4. Penembakan di Des Moines, Iowa

Seorang remaja dinyatakan tewas dan dua lainnya harus dirawat di rumah sakit, akibat peristiwa penembakan di salah satu sekolah di Des Moines, pada Maret 2022 lalu.

Korban meninggal dunia adalah seorang bocah berusia 15 tahun, sementara korbal terluka adalah remaja perempuan berusia 18 dan 18 tahun.

5. Penembakan di sekolah Pensylvania

Pada April 2022 lalu, satu orang terluka dalam peristiwa enembakan di salah satu sekolah tinggi di Erie, Pensylvania.

Pelaku penambakan diketahui telah menyerahkan diri, sementara aparat setempat memilih untuk tida mengungkap identitas pelaku ke publik.

6. Penembakan di Carolina Selatan

Masih pada April 2022, masyarakat di Carolina Selatan dikejutkan dengan peristiwa penembakan di SMP Tanglewood, di Greenville, Carolina Selatan.

Dalam peristiwa itu. Seorang siswa berusia 12 tahun tewas akibat tertembak oleh teman sekelasnya.

Kontributor : Damayanti Kahyangan

Komentar