facebook

HLUN 2022 di Tasikmalaya, Kemensos Serahkan Alat Bantu bagi Beberapa Lansia di Kecamatan Puspahiang

Fabiola Febrinastri
HLUN 2022 di Tasikmalaya, Kemensos Serahkan Alat Bantu bagi Beberapa Lansia di Kecamatan Puspahiang
Bantuan kursi roda untuk seorang lansia di Tasikmalaya. (Dok: Kemensos)

Kondisi ini sudah berjalan sejak 5 tahun silam.

Suara.com - Kecamatan Puspahiang, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat memulai rangkaian peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-26 Tahun 2022. Hari ini, Sentra Budi Perkasa Palembang Kemensos menyerahkan alat bantu kursi roda bagi Bana (70 tahun).

Lansia ini mengalami sakit pinggang dan tidak bisa berjalan karena jatuh pada saat naik kendaraan umum. Sebelum mendapatkan kursi roda, Bana berjalan hanya menggunakan dua tangan dan kaki lurus ke depan. Kondisi ini sudah berjalan sejak 5 tahun silam.

Penyerahan bantuan dilakukan di kediaman Bana di Kampung Padaluyu, Desa Puspahiang, Kecamatan Puspahiang pada Sabtu (28/5/2022). Bantuan diserahkan oleh Camat Puspahiang, Ari Fitriadi.

Selain Bana, lansia lain yang diberikan bantuan kursi roda, yaitu Kodir (86 tahun). Kodir mengalami lumpuh sejak 2 tahun lalu karena struk. Aktivitasnya harus selalu dibantu oleh orang lain.

Baca Juga: Mensos Minta Jajaran UPT Berikan Layanan Terbaik bagi Masyarakat

Ari Fitriadi juga menyerahkan bantuan kursi roda dari Kemensos di kediaman Kodir di Kampung Gandok, Desa Puspahiang. Bantuan ini langsung diterima dan digunakan oleh Kodir.

"Dengan peringatan ini, kita menggugah masyarakat, karena urusan lansia ini urusan keluarga. Lansia harus dijaga keluarga terdekat. Semoga contoh dari pemerintah ini bisa jadi teladan bahwa kita punya tanggung jawab mengurus lansia sebagai orang tua. Ini bakti kita kepada orang tua," jelas Ari.

Puncak peringatan HLUN ke-26 dilaksanakan di Kabupaten Tasikmalaya, karena berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) tahun 2022, jumlah lansia di Kabupaten Tasikmalaya mencapai 28.950 lansia, terbanyak se-Indonesia.

Dalam peringatan ini, Kemensos menyerahkan bantuan secara serentak di 39 kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya. Bantuan tersebut terdiri dari bantuan Atensi, PKH dan Sembako bagi lansia tunggal, penyerahan alat bantu bagi lansia serta bantuan sandang nutrisi dan obat-obatan.

Kemensos juga memfasilitasi renovasi bagi rumah lansia yang tidak layak huni, operasi katarak gratis, perekaman e-KTP dan kegiatan donor darah.

Baca Juga: Penyaluran BLT Minyak Goreng Diapresiasi Presiden Jokowi

Komentar