facebook

Tak Ikut Presiden Jokowi ke Ukraina dan Rusia, Wapres Maruf Amin Pimpin Indonesia Sementara

Stefanus Aranditio
Tak Ikut Presiden Jokowi ke Ukraina dan Rusia, Wapres Maruf Amin Pimpin Indonesia Sementara
Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wakil Presiden Maruf Amin di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten pada Minggu (26/6/2022)

Maruf Amin diperkirakan akan memimpin Indonesia selama sepekan ke depan hingga Jokowi pulang ke tanah air.

Suara.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi tengah melakukan kunjungan kerja ke Jerman, Ukraina, Rusia, dan Uni Emirat Arab, selama itu kepala pemerintahan dijalankan oleh Wakil Presiden Maruf Amin.

Maruf Amin diperkirakan akan memimpin Indonesia selama sepekan ke depan hingga Jokowi pulang ke tanah air.

"Selama saya di luar negeri pemerintahan akan dipimpin oleh Bapak Wakil Presiden," kata kata Jokowi dalam jumpa pers sebelum berangkat di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten pada Minggu (26/6/2022).

berangkat bersama istri, Iriana Jokowi dan rombongan terbatas. Mereka lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten pada Minggu (26/6/2022) sekira pukul 10.30 WIB.

Baca Juga: Atur Ulang Strategi, Ukraina Tarik Mundur Pasukannya dari Sievierodonetsk

Jokowi diundang Jerman selaku Ketua G7 untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7. Pertemuan akan berlangsung di Elmau pada 26-27 Juni 2022.

Setelah itu, Jokowi dijadwalkan akan bertemu dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy untuk meminta Zelenskyy mau membuka ruang dialog dengan Rusia untuk menghentikan perang.

"Setelah dari Jerman saya akan mengunjungi Ukraina dan akan bertemu dengan Presiden Zelenskyy, misinya mengajak Presiden Zelenskyy untuk membuka ruang dialog dalam rangka membangun perdamaian karena perang memang harus dihentikan dan rantai pasok pangan harus diaktifkan kembali," ucapnya.

Setelah bertemu Zelenskyy, Jokowi akan bertolak ke Rusia untuk bertemu dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin, juga dengan misi yang sama yakni meminta Putin melakukan gencatan senjata dan menghentikan perang.

"Dari Ukraina saya akan menuju ke Rusia untuk bertemu dengan Presiden Vladimir Putin, sekali lagi dengan misi yang sama saya akan mengajak Presiden Putin untuk membuka ruang dialog dan sesegera mungkin melakukan gencatan senjata dan menghentikan perang," tutur Jokowi.

Baca Juga: 5 Fakta Rencana Kunjungan Jokowi ke Ukraina: Dikawal 39 Personil Paspampres dan Senjata Lengkap

Setelah kunjungan ke Ukraina dan Rusia, Presiden Jokowi akan melanjutkan kunjungan kerjanya ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Komentar