facebook

Kapan Jokowi ke Rusia dan Ukraina? Kedatangan RI 1 Disebut Jadi Juru Damai

Chyntia Sami Bhayangkara
Kapan Jokowi ke Rusia dan Ukraina? Kedatangan RI 1 Disebut Jadi Juru Damai
Kapan Jokowi ke Rusia dan Ukraina? (Instagram/@jokowi)

Di tengah konflik yang terjadi, Presiden Indonesia bertekad untuk mengunjunjungi kedua negara tersebut dalam misi perdamaian. Lantas kapan Jokowi ke Rusia dan Ukraina?

Suara.com - Perang yang terjadi antara Rusia dan Ukraina masih berkecamuk hingga saat ini. Di tengah konflik yang terjadi, Presiden Indonesia Joko Widodo atau Jokowi bertekad untuk mengunjunjungi kedua negara tersebut dalam misi perdamaian. Lantas kapan Jokowi ke Rusia dan Ukraina

Agenda kunjungan keluar negeri tersebut diungkapkan oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi dalam sebuah press briefing online pada Rabu 22 Juni 2022 lalu. Presiden Jokowi direncanakan akan mengujungi Jerman untuk hadir di acara KTT G7. Setelahnya, ia akan mengunjungi Ukraina dan Rusia untuk bertemu presiden dari kedua negara tersebut, Volodymyr Zelensky dan Vladimir Putin

"Dari Jerman, Presiden Jokowi direncanakan akan mengunjungi Kiev, Ukraina dan Moskow, Rusia," ujar Menlu. 

Retno mengatakan Jokowi akan berkunjung ke Kyiv dan Moskwa setelah mewakili Indonesia sebagai negara tamu dalam acara KTT G7 di Jerman pada 26-27 Juni 2022. Lalu kapan Jokowi ke Rusia dan Ukraina? 

Baca Juga: Presiden Jokowi akan Kunjungi Medan pada 7 Juli, Berikut Agendanya

Kapan Jokowi ke Rusia dan Ukraina? 

Menlu tidak memberikan tanggal kapan tepatnya mengenai kapan Jokowi ke Rusia dan Ukraina. Namun ada media Rusia yaitu TASS, yang menuliskan pemberitaan terkait dengan rencana pertemuan Presiden Indonesia Joko Widodo dan Presiden Rusia Vladimir Putin di Kota Moskow yang akan berlangsung pada 30 Juni 2022 mendatang. 

"Putin akan bertemu dengan presiden Indonesia Jokowi di Moskow 30 Juni," ungkap sumber Kremlin seperti dikutip dari TASS yang tertanggal pada 14 Juni 2022. 

Sumber itu juga menekankan bahwa kehadiran Jokowi akan menjadi kunjungan yang sangat penting. Mereka juga akan mempersiapkan pertemuannya dengan Joko Widodo pada kunjungan tersebut. 

Indonesia menjadi mitra penting, dan dengan Rusia telah mempertahankan hubungan politik dan juga ekonomi yang intensif, menurut sumber Kremlin. Tahun ini Indonesia memegang jabatan sebagai presidensi G20 bergilir sekaligus menjadi tuan rumah KTT G20, tambah sumber itu.

Baca Juga: Atur Ulang Strategi, Ukraina Tarik Mundur Pasukannya dari Sievierodonetsk

Putin juga telah diundang untuk turut berpartisipasi. KTT sendiri akan berlangsung pada 15-16 November mendatang. 

Komentar