facebook

Momen Ketika Sandiaga Tertarik Berlatih hingga Bantu Belikan Peralatan Wushu di Pecinan Glodok

Iwan Supriyatna
Momen Ketika Sandiaga Tertarik Berlatih hingga Bantu Belikan Peralatan Wushu di Pecinan Glodok
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendatangi Desa Wisata Pecinan Glodok, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendatangi Desa Wisata Pecinan Glodok, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat.

Suara.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendatangi Desa Wisata Pecinan Glodok, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat. Sandiaga bertemu dengan mantan dan pelatih wushu, Rudy Wijyava.

Mulanya Sandiaga melihat pertunjukan wushu dan taichi oleh Rudy dan Jason yang merupakan atlet Sea Games tahun 2019 dari Perguruan Sasana Alam Semesta. Kemudian Sandiaga tertarik untuk diajarkan beberapa gerakan wushu yang sederhana.

"Saya pernah lihat wushu sebelumnya. Wushu ini menjadi unggulan karena banyak medali emas yang didapat. Tadi waktu penampilan kita lihat adik-adik kita yang luar biasa, saya sudah undang untuk mengajarkan latihan-latihan dasar wushu dan taichi," kata Sandiaga.

Kemudian Sandiaga secara langsung mencoba dan diajarkan pergerakan dasar wushu taolu. Di mana jurus atau seni tersebut merupakan disiplin ilmu dari wushu yang lebih menekankan keindahan di setiap gerakan.

Baca Juga: Anies Baswedan Berpotensi Terkena Pembingkaian Politik Identitas, Pengamat: Siapa Saja Bisa Disasar

Dikesempatan itu, Rudy menyampaikan beberapa kendala yang dihadapkan selama melakukan latihan wushu dan taichi. Salah satunya peralatan wushu dan taichi yang digunakan terlihat mulai rusak. Jika membeli alat-alat tersebut harganya relatif mahal.

"Oke ada kebutuhan yang diperlukan secara urgent salah satunya samsak. Saya mau kasih ke bapak ini bantuan perlatan latihan," terang Sandiaga.

Bantuan tersebut selain prestasi, lanjut Sandiaga, juga bisa menunjang penampilan-penampilan para atlet wushu dan taichi di Petak Enam Glodok. Sebab penampilan wushu dan taichi bisa menjadi daya tarik wisatawan.

"Mudah-mudahan karena kita akan mengembangkan Petak Enam ini dan ini tempat latihannya bapak. Tadi pertunjukannya juga luar biasa, sebagai salah satu pamungkas kunjungan wisata ke sini. Saya harap dengan banyak dukungan dari berbagai pihak sifu Rudy bisa mengembangkan wushu ini dan prestasi semakin meningkat. Dan mudah-mudahan kita segera bangkit, ekonomi kita bergerak kembali," ungkap Sandiaga.

Adapun kedatangan Sandiaga terkait program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Tahun ini, Desa Wisata Pecinan Glodok masuk dalam 50 desa/kampung wisata terbaik.

Baca Juga: Menparekraf Sandiaga Uno Beri Dukungan UMKM dan Dalang Cilik di Lombok

Sementara itu di Desa Wisata Pecinan Glodok ini menyuguhkan beragam daya tarik ke wisawatan. Desa Wisata Pecinan Glodok memiliki banyak bangunan atau tempat dengan arsitektur unik dan ornament-ornament China seperti pusat perbelanjaan dan wisata kuliner, antara lain Pancoran Chinatown Point, Gang Gloria, Petak Enam dan Pantjoran Tea House.

Komentar