facebook

5 Gaya Jokowi Ketemu Para Pemimpin Dunia di Jerman, Kena Tinju PM Inggris?

Ruth Meliana Dwi Indriani
5 Gaya Jokowi Ketemu Para Pemimpin Dunia di Jerman, Kena Tinju PM Inggris?
Jokowi bertemu para pemimpin dunia di Munich, Jerman (Instagram/Jokowi)

Gaya Jokowi saat KTT G7 yang bertempat di Munich, Jerman dan bertemu dengan sederet pemimpin dunia dapat sorotan. Bahkan Jokowi sempat kena tinju PM Inggris, kenapa?

Suara.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tengah menghadiri KTT G7 yang diselenggarakan di Munich, Jerman pada Minggu (27/6/2022) waktu lokal Jerman.

Pada ajang pertemuan petinggi negara G7 tersebut, Jokowi bertemu dengan sederet pemimpin lainnya. Bahkan, gaya Jokowi bercengkerama dan berinteraksi dengan para pemimpin dunia anggota G7 tersebut jadi sorotan publik usai diunggah ke media sosial Instagram sang presiden.

Seperti apa gaya Jokowi ketemu para pemimpin dunia yang juga diundang di perhelatan KTT G7 tesebut? Simak deretan potret berikut.

1. Disambut Menteri dan pasukan berbaju tradisional Bavaria

Potret Jokowi disambut Menteri dan Pasukan Tradisional Bavaria [Instagram/Jokowi]
Potret Jokowi disambut Menteri dan Pasukan Tradisional Bavaria [Instagram/Jokowi]

Sebelum menemui pemimpin dunia lainnya, Jokowi terlebih dahulu disambut oleh Menteri Urusan Eropa dan Internasional, Negara Bagian Bavaria Melanie Huml.

Baca Juga: Temukan Unsur Pidana, Polisi Naikan Status Perkara Dugaan Penistaan Agama Budha Roy Suryo ke Tahap Penyidikan

Tak tanggung-tanggung, Jokowi juga disambut oleh pasukan yang dibalut oleh pakaian tradisional Bavaria lengkap dengan senapan zaman Perang Dunia II.

Bak raja Bavaria, Jokowi melewati barisan pasukan yang berjejer menjemputnya di bandara. Bersama Huml dan Iriana, ia melewati karpet merah yang membentang sembari bertegur sapa. 

2.  Naik helikopter bareng PM India

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Perdana Menteri India Narendra Modi menaiki helikopter untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 ke-48 di Schloss Elmau, Pegunungan Alpen Bavaria, Jerman, Senin (27/6/2022). Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Perdana Menteri India Narendra Modi menaiki helikopter untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 ke-48 di Schloss Elmau, Pegunungan Alpen Bavaria, Jerman, Senin (27/6/2022). [Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden]

Jokowi dan para pemimpin dunia lainnya menaiki sebuah helikopter untuk sampai di lokasi KTT G7 yakni Schloss Elmau Pegunungan Alpen Bavaria.

Presiden Jokowi mendapat kursi di samping Perdana Menteri India Narendra Modi saat menaiki helikopter militer tipe Sikorsky CH53.

Bak sahabat lama, keduanya tampak bercengkerama dan saling membuka obrolan sebelum akhirnya mendarat di lokasi konferensi. 

Baca Juga: 5 Fakta Pesawat Jokowi Berputar 360 Derajat di Langut Turki Yang Timbulkan Pertanyaan

3. Foto bareng Macron dan Biden, warganet: Ikuti jejak Soekarno

Presiden Joko Widodo bersama Joe Biden dan Emmanuel Macron di G7 (Twitter @jokowi)
Presiden Joko Widodo bersama Joe Biden dan Emmanuel Macron di G7 (Twitter @jokowi)

Jokowi tampak aktif berbincang dan berdiskusi dalam konferensi tersebut. Tak lupa ia juga bertegur sapa dan membahas berbagai hal secara empat mata dengan berbagai pemimpin dunia saat di luar forum KTT G7.

Beberapa diantaranya adalah sosok Presiden AS dan Presiden Republik Prancis yakni Joe Biden dan Emmanuel Macron.

Ketiga pemimpin negara dunia tersebut tampak hangat meskipun berbicara serius terkait topik yang dibahas di forum.

Adapun topik yang dibahas dalam forum sebelum ketiganya berbicara secara intim adalah perubahan iklim, energi, dan kesehatan.

"Sesi working lunch KTT G7 hari ini mengambil topik perubahan iklim, energi, dan kesehatan." tulis Jokowi dalam unggahan Instagram pribadinya.

Foto gaya Jokowi menyempatkan diri untuk berdiskusi di luar forum bersama Macron dan Biden menangkap atensi publik. Warganet mengapresiasi keaktifan Jokowi bahkan hingga menyandingi sang presiden dengan Soekarno.

"Pakde pokus pada Militer aja sama politik ikutin jejak Ir. Soekarno," tulis salah satu akun Twitter.

"Love u Pakde," sambung akun lainnya.

4. Jokowi dirangkul Joe Biden

Jokowi dirangkul Joe Biden [dok. Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden]
Jokowi dirangkul Joe Biden [dok. Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden]

Bak kawan lama, Joe Biden merangkul Jokowi saat sesi foto bersama yang dipimpin oleh Kanselir Jerman Olaf Scholz selaku tuan rumah.

Kedua pemimpin negara G7 tersebut tampak akrab saat bertemu bahkan Joe Biden sempat merangkul Jokowi hingga bersandar di pundaknya.

Keakraban keduanya juga turut disaksikan oleh pemimpin negara G7 lainnya yang hadir dalam konferensi tersebut

5. Kena 'tinju' PM Inggris

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson meninju lengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat berdiskusi di sela-sela pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 ke-48 di Schloss Elmau, Pegunungan Alpen Bavaria, Jerman, Senin (27/6/2022). (Tangkap Layar Video Sekretariat Presiden).
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson meninju lengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat berdiskusi di sela-sela pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 ke-48 di Schloss Elmau, Pegunungan Alpen Bavaria, Jerman, Senin (27/6/2022). (Tangkap Layar Video Sekretariat Presiden).

Tak ada angin tak ada hujan, sosok Perdana Menteri (PM) Inggris, Boris Johnson sempat memberikan 'tinju' ke lengan Jokowi saat keduanya sedang berdiskusi.

Adapun Jokowi dan Johnson pada waktu itu sedang melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson di sela-sela forum KTT.

Ternyata, 'tinjuan' yang diberikan Johnson ke Jokowi adalah simbol keakraban antara kedua pemimpin dunia tersebut. Bak sahabat lama, Johnson memberikan gestur tinjuan lembut dengan maksud gurau ke lengan Jokowi.

"Apa kabar?" tanya Johnson kepada Jokowi berbahasa Inggris seraya memberi gestur tinjuan bersahabat.

"Saya baik," jawab Jokowi juga dalam bahasa Inggris.

Johnson juga mengaku bahwa dirinya sangat antusias bertemu dengan sosok presiden RI tersebut.

Usai bertegur sapa, keduanya tampak membahas beberapa topik terkait hubungan bilateral Inggris-Indonesia.

Kontributor : Armand Ilham

Komentar