facebook

Doa Menyembelih Hewan Kurban dan Tata Caranya Sesuai Syariat untuk Idul Adha 2022

Rifan Aditya
Doa Menyembelih Hewan Kurban dan Tata Caranya Sesuai Syariat untuk Idul Adha 2022
Doa Menyembelih Hewan Kurban dan Tata Caranya Sesuai dengan Syariat - Petugas memotong bagian hewan kurban yang sudah disembelih di Masjid Agung Al Azhar, Jakarta Selatan, Rabu (21/7/2021). [Suara.com/Alfian Winanto]

Setelah melaksankan sholat ied maka akan dilanjutkan dengan penyembelihan hewan qurba. Simak bacaan doa menyembelih hewan kurban dan tata caranya sesuai syariat.

Suara.com - Memasuki bulan Dzulhijjah, menandakan jika sebentar lagi umat Islam akan merayakan Hari Raya Idul Adha 2022 yang diperingati pada 10 Dzulhijjah 1443 H. Idul Adha adalah lebaran kurban, nah apakah anda sudah tahu bacaan doa menyembelih hewan kurban?

Setelah melaksankan sholat ied maka akan dilanjutkan dengan penyembelihan hewan qurba. Oleh karena itu penting untuk mengetahui bacaan doa menyembelih hewan kurban dan tata caranya sesuai syariat. 

Berkurban merupakan ibadah sunnah yang sanagat dianjurkan untuk dikerjakan minimal sekali dalam seumur hidup bagi mereka yang mampu. Hewan yang diutamaka untuk disembelih sesuai syariat adalah domba. Selain domba, ada beberapa hewan lainnya yang dapat digunakan untuk kurban yaitu kambing, unta dan sapi. 

Pelasanaan penyembelihan hewan kurban dapat dilakukan pada tanggal 10 hingga 13 Dzulhijjah 1443 H. Adapun orang yang harus menyembelih hewan kurban diutamakan shahibul qurban atau orang yang tengah berkurban itu sendiri. 

Baca Juga: Daftar Harga Hewan Qurban 2022 untuk Idul Adha, Sapi dan Kambing Berapa?

Tetapi apabila shahibul qurban tidak mampu untuk melakukan penyembelihan sendiri maka penyembelihannya dapat diwakilkan oleh orang lain. Selain itu, ketika hendak melakukan penyembelihan hewan kurban terdapat satu ketentuan yang cukup penting dan harus diperhatikan, yaitu dianjurkan untuk membaca doa. 

Dengan membaca doa atau niat ini diharapkan bisa semakin menambah keberkahan seorang muslim dalam beribadah kurban. Lantas bagaimana bacaan doa menyembelih hewan kurban dan tata caranya sesuai syariat? Simak ulasan selengkapnya berikut ini. 

Doa Menyembelih Hewan Kurban dan Artinya

Berikut bacaan latin doa menyembelih hewan kurban yang dianjurkan Rasulullah SAW:

1. Doa Menyembelih Hewan Kurban untuk Orang Lain 

Baca Juga: Dokter Hewan Bagikan 5 Tips Berkurban Bebas PMK

Bismillahi allahumma wallahu akbar. Allahumma hadza minka walaka, hadza 'an ... [sebutkan nama orang yang berkurban] 

Komentar