facebook

Cara Beli Pertalite di MyPertamina, Resmi Diberlakukan Mulai Hari Ini!

Chyntia Sami Bhayangkara
Cara Beli Pertalite di MyPertamina, Resmi Diberlakukan Mulai Hari Ini!
Ilustrasi MyPertamina - Cara Beli Pertalite di MyPertamina (Shutterstock)

Mulai 1 Juli 2022 Pertamina memberlakukan kebijakan terkait dengan pembelian BBM Pertalite dan Solar menggunakan aplikasi MyPertamina. Ini cara beli Pertalite di MyPertamina.

Suara.com - Rencana pemerintah yang mengatur terkait dengan pembelian BBM jenis Pertalite dan Solar menggunakan aplikasi MyPertamina saat ini telah memasuki uji coba tahap 1. Pemberlakuan kebijakan pemakain MyPertamina untuk beli pertalite ini masih diutamakan bagi pengguna roda 4 atau lebih di beberapa wilayah. Agar tidak kebingunan. Simak cara beli Pertalite di MyPertamina berikut. 

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengungkapkan, pemberlakuan kebijakan tersebut untuk memastikan penyaluran BBM bersubsidi jenis Pertalite dan juga Solar bisa tepat sasaran dan tepat kuota. Oleh karenanya pelanggan harus mengetahui cara beli pertalite di MyPertamina.

Irto Ginting juga menegaskan bahwa pengendara yang akan membeli BBM bersubsidi jenis Pertalite dan Solar tidak wajib memiliki aplikasi MyPertamina, akan tetapi mereka wajib mendaftar di website subsiditepat.mypertamina.id. Kebijakan ini mulai berlaku pada tanggal 1 Juli 2022 dibeberapa wilayah. 

Alasan Penggunaan Aplikasi MyPertamina 

Baca Juga: Daftar MyPertamina untuk Motor atau Mobil? Jangan Keliru, Ini Penjelasannya

Pada tahap uji coba ini, pendaftaran difokuskan untuk mencocokkan data terkait dnegan yang didaftarkan oleh masyarakat dan dokumen serta data kendaraan yang dimiliki untuk diisi bahan bakar.

Kemudian jika statusnya sudah terdaftar, masyarakat kemudian akan mendapatkan kode QR yang bisa diterima melalui alamat email atau notifikasi dalam situs web subsiditepat.mypertamina.id. 

Untuk memudahkan masyarakat, kode QR dapat dicetak dan dibawa ke SPBU sehingga mereka tidak wajib men-download aplikasi MyPertamina atau membawa ponsel. 

Dipilihnya situs web MyPertamina sebagai alat transaksi ini pun bukan tanpa alasan. Hal ini sesuai berdasarkan Peraturan BPH Migas No. 06/2013 tentang penggunaan sistem teknologi IT dalam penyaluran BBM yang dapat dilakukan. 

Terdapat perbedaan pembayaran MyPertamina dengan menggunakan kartu kredit dan debit. Jika menggunakan kartu kredit atau debit terdapat minimal pembelian yaitu sebesar Rp 50.000 sekali transaksi. Sedangkan pembelian dengan MyPertamina tidak ada besaran minimal pembelian. 

Baca Juga: Bintang 1 Sampai Server Down, MyPertamina Kena Banyak Masalah di Hari Pertama, Publik: Efek Gak Dapat Ridho Netizen

Cara Beli Pertalite di MyPertamina 

Komentar