facebook

Cerita Mahfud MD Diberikan Dua Amplop oleh Tjahjo Kumolo, Apa Isinya?

Ria Rizki Nirmala Sari
Cerita Mahfud MD Diberikan Dua Amplop oleh Tjahjo Kumolo, Apa Isinya?
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD memimpin proses pelepasan jenazah MenPAN RB Tjahjo Kumolo di Kantor KemenPAN RB, Jakarta Selatan, Jumat (2/7/2022). (Humas KemenPAN RB)

Meski baru saling bertemu, Tjahjo kala itu menyerahkan amplop yang ditulis 'Untuk pak Mahfud'.

Suara.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengungkapkan kenangannya bersama almarhum Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Tjahjo Kumolo. Mahfud menyebut soal 'amplop' yang diberikan Tjahjo pada pertemuan pertama dan terakhirnya.

Mahfud menceritakan pertemuan perdananya dengan Tjahjo di momen Idulfitri pada 22 tahun silam. Keduanya bertemu di kediaman Megawati Soekarnoputri yang kala ini menjabat sebagai wakil presiden.

"Saya bertemu langsung dan ngobrol dengan Pak Tjahjo Kumolo adalah pada Idulfitri tahun 2000, saat saya baru diangkat sebagai Menhan. Saat itu saya berlebaran di rumah Wapres Bu Megawati dan Pak Tjahjo ada di sana," cuit Mahfud melalui akun Twitternya @mohmahfudmd pada Sabtu (2/7/2022).

Meski baru saling bertemu, Tjahjo kala itu menyerahkan amplop yang ditulis 'Untuk pak Mahfud'.

Baca Juga: Media Vietnam Sebut Timnas Indonesia U-19 Minim Pengalaman di Piala AFF U-19

Mahfud tidak menceritakan apa isi dari amplop tersebut. Mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) tersebut kemudian bercerita soal pertemuan terakhir dengan Tjahjo.

Lagi-lagi keduanya bertemu di sebuah acara yang dihadiri oleh Megawati. Acara yang dimaksud ialah peresmian Smart School Dr Ir Soekarno di Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) pada 30 Mei 2022.

Tjahjo kembali menyerahkan satu amplop untuk Mahfud.

"Saat itu pun dia menyerahkan satu amplop kepada saya sambil ngobrol berdua sebentar," ucapnya.

Bukan berarti keduanya hanya bertemu dua kali. Mahfud menyebut dirinya kerap bertemu dengan Tjahjo.

Baca Juga: Bangunan Sekolah Islam Terpadu Roboh Tewaskan 1 Pekerja, Polisi Periksa Tiga Saksi

Namun dua pertemuan itu menjadi momen yang tidak akan bisa ia lupakan karena amplop yang diberikan Tjahjo. Mahfud lantas membongkar isi amplop yang diberikan Tjahjo.

Komentar