facebook

Ke Jemaah Haji, Alissa Wahid Minta Doa untuk Indonesia

Rifan Aditya | Rendy Adrikni Sadikin
Ke Jemaah Haji, Alissa Wahid Minta Doa untuk Indonesia
Koordinator Gusdurian Alissa Wahid.(Instagram/@alissa_wahid)

Alissa Wahid juga meminta jemaah haji mendoakan Indonesia dan Kementerian Agama.

Suara.com - Alissa Qotrunnada Munawaroh Wahid alias Alissa Wahid meminta jemaah haji Indonesia untuk beristirahat menjelang puncak haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna). Selain itu, Alissa juga meminta jemaah haji mendoakan Indonesia dan Kementerian Agama.

Permintaan disampaikan putri sulung presiden ke-4 RI Kiai Haji Abdurrahman Wahid alias Gus Dur tersebut saat mengunjungi pemondokan jemaah haji Indonesia di Sektor 5 Makkah, Minggu (3/7/2022) Waktu Arab Saudi (WAS). Alissa juga bertemu langsung jemaah dan melihat kondisi kamar jemaah.

"Jangan lupa ibu dan bapak, doakan Indonesia dan Kementerian Agama ya? Jemaah yang tahun ini belum berangkat doakan juga tahun depan bisa berangkat," kata Alissa Wahid saat berbincang-bincang langsung dengan jemaah.

Ia juga selalu menanyakan pada jemaah soal pelayanan, dan kondisi kamar hotel dan katering. "Gimana pelayanan petugas? Makannya dan kamar hotelnya?" tanya Alissa.

Baca Juga: Curhat Pengalaman Haji Pertama Menag Yaqut: Dulu Bak Ikan Pindang, Sekarang Lebih Nyaman

Dengan tegas, Kinyang (52), jemaah asal Majalengka, Jawa Barat, menjawab.

"Pelayanan luar biasa. Sangat puas. Walau haji reguler rasanya haji plus plus. Alhamdulillah, bisa berangkat haji tahun ini. Kami sudah menunggu 12 tahun. Saya nangis kalau ingat dan cerita ini," aku Kinyang sambil meneteskan air mata, saat ditemui Alissa Wahid di kamarnya.

Kinyang juga mengaku bisa ibadah dengan tenang. Nikmat sekali ibadah di tanah suci.

"Menangis sayang kalau ingat bisa haji tahun ini. Naik pesawat saja saya gak pernah. Baru bisa keluar negeri langsung ke tanah suci. Turun dari pesawat, saya langsung sujud syukur. Saya doakan semua rakyat Indonesia nanti bisa ke tanah suci juga," katanya.

Apalagi kata Kinyang, tahun ini adalah haji Akbar. "Jemaah merasa sangat dilayani luar biasa oleh petugas. Makannya dan hotelnya luar biasa nyaman. Saya gak nyangka bisa haji fasilitasnya seeanak ini. Terima kasih pemerintah Indonesia," katanya.

Baca Juga: Menag: Arafah Siap Sambut Jemaah Haji 2022, Secara Umum Layanan Lebih Baik

Alissa Wahid adalah anggota Tim Pemantauan dan Evaluasi Kemenag RI. Ia mengunjungi jemaah dan mengecek kamar hotel jemaah bersama Wakil Menteri Agama RI, Zainut Tauhid, serta anggota Amirul Hajj.

Komentar