facebook

6 Pejabat yang Naik Haji Tahun Ini: Dari Wali Kota, Menteri, hingga Wapres

Farah Nabilla
6 Pejabat yang Naik Haji Tahun Ini: Dari Wali Kota, Menteri, hingga Wapres
Mahfud MD naik haji. [Twitter/mohmahfudmd]

Haji tahun ini juga turut diikuti oleh deretan pejabat negara dari wali kota hingga menteri. Berikut daftar selengkapnya.

Suara.com - Tak hanya masyarakat umum, jemaah haji dari Indonesia tahun ini juga terdiri atas para pejabat negara yang turut melaksanakan ibadah haji.

Adapun para wali kota, jajaran menteri kabinet yang berada di bawah komando presiden Joko Widodo, bahkan sang Wakil Presiden RI juga ikut berangkat ke Tanah Suci Makkah untuk menunaikan rukun Islam ke-5 tersebut.

Siapa saja sosok pejabat negara tersebut?

Berikut deretan pejabat yang naik haji tahun ini.

Baca Juga: Rendahnya Aksi Iklim Global akan Membahayakan Ibadah Haji

1. Cak Imin

Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar mengapresiasi pelaksanaan haji 2022 [Dok: MCH 2022]
Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar mengapresiasi pelaksanaan haji 2022 [Dok: MCH 2022]

Sosok petinggi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar alias Cak Imin turut melaksanakan haji tahun ini.

Sosok tokoh intelektual Nahdlatul Ulama tersebut juga memanfaatkan momen haji dengan mengajak para jemaah lainnya beristighfar, terutama mendekati momen pemilu yang sarat akan konflik politis.

"Karena itu, saya meminta kepada para jemaah supaya membantu bangsa kita beristigfar semuanya. Istigfar itu artinya semua mengakui kekurangan masing-masing sehingga bisa menahan nafsu, konflik antar kompetisi di Pemilu, di Pilpres dan paling pokok mohon kepada semluruh ibadah haji mohon Indonesia segera makmur sejahtera,” ujar Muhaimin di Mekkah dikutip Rabu (6/7/2022).

Tidak berhenti di situ, Cak Imin melayangkan apresiasi terhadap keberhasilan pelaksanaan haji tahun ini langsung ke sosok Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

2. Ida Fauziah

Menaker, Ida Fauziyah. (Dok: Kemnaker)
Menaker, Ida Fauziyah. (Dok: Kemnaker)

Melalui akun Instagram pribadinya, sosok Menaker Ida Fauziah membagikan pengalamannya berkesempatan menjadi salah satu pejabat yang ikut naik haji tahun ini.

Baca Juga: Berapa Hari Libur Idul Adha 2022? Siap-siap, Ini Jadwal Cuti Bersama Lebaran Haji

Ida memanjatkan puji syukur usai mendarat di tanah suci dengan selamat pada Senin (4/7/2022) lalu.

Komentar