Sinopsis Film Avatar Pertama, Tayang Kembali di Bioskop Usai 13 Tahun!

Aulia Hafisa
Sinopsis Film Avatar Pertama, Tayang Kembali di Bioskop Usai 13 Tahun!
Sinopsis film avatar pertama (imdb)

Avatar dirilis tahun 2009 dan masih memberikan kesan mendalam pada penontonnya. Berikut sinopsis film Avatar pertama.

Suara.com - Masih ingatkah Anda pada film Avatar pertama yang disutradarai oleh James Cameron? Avatar yang dirilis tahun 2009 masih memberikan kesan mendalam pada penontonnya. Masihkah Anda ingat alur cerita film ini? Simak artikel berikut untuk mengetahui sinopsis film Avatar pertama ini.

Film ini kembali menjadi perbincangan karena sequel-nya yang kedua akan segera dirilis pada bulan Desember 2022 mendatang. Film yang disutradarai James Cameron ini kembali menampilkan Zoe Saldana dan Sam Worthington. Selain itu, Michelle Yeoh dan Kate Winslet juga turut bergabung di film Avatar 2 yang berjudul Avatar: The Way of Water. 

Sinopsis Film Avatar Pertama 

Cerita dibuka dengan bidikan kamera menyapu tinggi melintasi garis pohon hutan hujan hijau yang rimbun.  Intercut adalah urutan gambar Jake Sully (Sam Worthington), seorang veteran perang yang lumpuh dan mantan Marinir. Dia terbangun di sebuah pesawat ruang angkasa raksasa dalam perjalanannya ke Pandora, bulan seperti Bumi berhutan lebat yang mengorbit Polyphemus, sebuah planet biru raksasa yang mirip dengan Jupiter.

Baca Juga: Film Avatar Tayang Ulang dalam Format 4K yang Lebih Jernih di Bioskop 23 September Mendatang

Jake adalah salah satu dari sejumlah besar penumpang, semuanya bangun setelah hampir enam tahun dalam perjalanan ke Pandora.  Jake keluar dari pod tidurnya di nol G dia dirawat oleh staf kapal. Dia membuka lokernya, yang ditandai SULLY T.

Jake memberi tahu kita bahwa dia memiliki saudara kembar yang sudah meninggal -- Tom, seorang ilmuwan -- yang akan menjadi bagian dari program tingkat tinggi yang diawasi oleh ahli strategi perusahaan dan militer untuk mempelajari lingkungan dan penghuni Pandora.

Karena Jake dan saudaranya adalah pasangan genetik yang tepat, ia diberi kesempatan unik: mengambil alih kontrak saudaranya dengan entitas perusahaan-militer dan melakukan perjalanan bertahun-tahun cahaya ke pos terdepan, Pandora. 

Jake pergi ke laboratorium sains di mana dia bertemu ahli biologi Norm Spellman (Joel David Moore) dan Dr. Max Patel (Dileep Rao), dua anggota Program Avatar. Jake ikut operasi yang bertujuan untuk operasi menambang mineral unobtanium dan dapat membawa kekuatan kembali ke Bumi yang sekarat. 

Terhubung dengan avatarnya, Jake terbang di atas permukaan Pandora di kapal perang Trudy, bersama dengan Grace, Norm, dan lainnya. Tim mendarat di hutan, di mana Grace dan Norm mulai mengambil sampel flora dan melakukan pengukuran.

Baca Juga: Film Avatar Akan Tayang Ulang di Bioskop Usai 13 Tahun, Ini Alasan Sutradara

Masalah datang ketika titanothere -- makhluk berkaki berat dan berkepala palu -- menghadapi Jake. Jake berhasil mempertahankan diri, tetapi muncul Thanator. Dia dikejar oleh Thanator, menyebabkanya terpisah dari krunya. Dia juga kehilangan senjatanya. Pada akhirnya, hal itu membuat Jake bertemu dengan Neytiri (Zoe Saldana).

Jake dipersembahkan kepada orang tua Neytiri, Eytukan (Wes Studi) dan Mo'at (CCH Pounder), yang masing-masing adalah raja dan ratu suku. Jake memberi tahu para tetua bahwa dia adalah seorang pejuang dan niatnya adalah untuk belajar dari mereka. Setelah pertemuan ritual, Jake diberi tempat tidur,sehelai daun tinggi di "Hometree" yang mengelilinginya seperti kepompong. Saat dia tertidur, Jake manusia dihidupkan kembali.

Pada pagi hari chow, semua ilmuwan, termasuk Grace, fokus pada semua yang dikatakan Jake. Jake melaporkan kepada Kolonel dan Selfridge tentang rumah Omaticaya, Hometree raksasa. Di bawahnya ada endapan unobtanium yang besar, cukup untuk menghidupkan bumi kembali. 

Terjadilah perang perebutan Hometree. Armada militer manusia meluncurkan tabung gas ke Hometree dan daerah sekitarnya. Saat pertempuran meningkat, sebagian besar persenjataan ditargetkan pada struktur akar Hometree, yang digulingkan oleh serangkaian ledakan dan artileri berat. Banyak Omaticaya terbunuh. Mo'at membebaskan Jake dan Grace dan meminta mereka untuk menyelamatkan suku tersebut.

Kehancuran tampaknya tidak ada habisnya, dan, tiba-tiba, Jake dan Grace kembali ke tubuh manusia mereka dan segera ditahan karena pengkhianatan. Norm juga ditangkap karena berusaha mencegah tentara menonaktifkan bentuk avatar mereka. Na'vi berkumpul di Pohon Jiwa.

Singkat cerita, Jake menyatakan memilih untuk mentransfer kesadarannya ke avatarnya untuk selamanya. Jake melewati mata Eywa dan terbangun di avatarnya dengan Neytiri mengawasinya. Jake kemudian berperang dengan Neytiri untuk mempertahankan Hometree.

Demikian itu sinopsis film Avatar pertama diterjemahkan dari imdb.com. Selamat menikmati film Avatar: The Way of Water bulan Desember mendatang!

Kontributor : Mutaya Saroh