Prabowo Setia Kepada Jokowi Berbuah Dukungan GP Mania, Jika Ganjar Pranowo Tak Dipilih Jadi Capres PDIP

Chandra Iswinarno
Prabowo Setia Kepada Jokowi Berbuah Dukungan GP Mania, Jika Ganjar Pranowo Tak Dipilih Jadi Capres PDIP
Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Menhan Prabowo Subianto menyaksikan penyerahan 40 unit kendaraan bermotor dari Kementerian Pertahanan (Kemhan) kepada Komando Distrik Militer (Kodim) 1503/Tual, Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku, Rabu (14/9/2022). (Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Kesetiaan Prabowo kepada Jokowi berbuah dukungan GP Mania yang akan mendukungnya, jika capres jagoan mereka, Ganjar Pranowo mundur dari Pilpres 2024.

Suara.com - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto disebut telah menunjukan loyalitas dan kinerjanya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama menjabat jabatan tersebut di Kabinet Indonesia Maju. Buahnya, Prabowo kemungkinan besar akan didukung Relawan Ganjar Pranowo Mania (GP Mania), jika Gubernur Jateng tersebut tidak dipilih PDIP menjadi capres.

Pernyataan itu disampaikan Peneliti Indikator Politik Indonesia Bawono Kumoro melalui keterangannya di Jakarta pada Sabtu (24/9/2022).

"Meski pernah menjadi rival presiden Jokowi pada dua pemilihan presiden, Prabowo telah membuktikan kinerja dan kesetiaan terhadap presiden selama menjadi menteri pertahanan di dalam kabinet pemerintahan Joko Widodo-Maruf Amin,” katanya seperti dilansir Antara.

Bawono mengungkapkan, atas kesetiaan dan kinerjanya, membuahkan dukungan dari GP Mania yang menyatakan akan mendukung Prabowo Subianto dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, jika Ganjar tak dipilih PDI-P menjadi calon presiden (capres).

Baca Juga: Bertemu Ridwan Kamil di Acara Pembukaan Muktamar Persis, Prabowo Subianto: Ini Saya Harus Perhitungkan

Menurut Bawono, pernyataan Ketua GP Mania Immanuel Ebenezer menjadi penanda jelas kecenderungan arah dari dukungan Jokowi kepada Prabowo.

"Sebagai salah satu relawan utama Joko Widodo dalam dua pemilihan presiden terdahulu tentu saja tidak mungkin apa disampaikan oleh GP Mania tersebut tanpa terlebih dahulu dikomunikasikan dengan Presiden Jokowi," ujarnya.

Ketua GP Mania Immanuel Ebenezer atau Noel menilai Mantan Danjen Kopassus itu sebagai figur yang teruji untuk meneruskan kepemimpinan Jokowi. Masih menurut Noel, ada sejumlah alasan GP Mania akan pilih Prabowo.

Pertama, Prabowo membuktikan komitmennya bekerja untuk pemerintahan Jokowi.

"Dulu ada kekhawatiran ketika Pak Prabowo masuk jadi Menteri Pertahanan, ada namanya kudeta, ternyata teori itu tidak ada," ujar Noel.

Baca Juga: Membaca Peluang Ganjar Pranowo Vs Puan Maharani di Pilpres 2024

Kedua, Prabowo dinilai menjaga integritas sebagai negarawan dan sosok yang bersih dari perilaku korupsi.