Apa Prestasi Giring Ganesha Selain Menyanyi?

Ruth Meliana Dwi Indriani
Apa Prestasi Giring Ganesha Selain Menyanyi?
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha. [Suara.com/Ummi Hadyah]

Ketua Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha tengah menjadi sasaran bullying warganet akibat sikapnya yang kontradiktif mengenai deklarasi capres 2024.

Suara.com - Ketua Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha tengah menjadi sasaran bullying warganet. Ini setelah ia mengunggah cuitan bahwa tak ingin bicara politik di tengah masa berduka pasca tragedi Kanjuruhan.

Hilangnya ratusan nyawa di #kanjuruhan membuat kami @psi_id menyingkirkan bahasa politik sementara, deklarasi capres di tengah kedukaan tentu menyisakan rasa nir empati. PSI konsisten menolak pemimpin pengusung politik identitas,” cuit Giring.

Kritikan Giring itu sendiri menyentil Partai NasDem yang mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres 2024, sehari setelah tragedi Kanjuruhan.

Tak disangka, sikapnya justru menjadi kontradiktif. Beberapa jam setelah menyatakan tidak ingin berbicara politik, PSI justru mendeklarasikan Ganjar Pranowo dan Yenny Wahid sebagai capres-cawapres mereka.

Baca Juga: Bintang Emon Sentil Aparat Berbintang Tanggung Jawab Atas Tragedi Kanjuruhan: Polisi Baik Malah Jadi Korban

Diketahui, sosok Giring selama ini memang vokal mengkritik pemerintahan. Namun, pemerintahan yang dikritiknya bukan pemerintah pusat, melainkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang dipimpin Anies Baswedan.

Kritikan bertubi-tubi Giring ke Anies sendiri juga sempat mendapatkan sentilan dari Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. Riza sempat menantang Giring untuk menunjukkan prestasinya pada Januari silam.

Lantas apa prestasi Giring Ganesha?

Giring Ganesha diketahui memulai kariernya sebagai musisi, sebelum terjun ke dunia politik. Ia dikenal dengan suara merdunya selama menjadi vokalis Nidji.

Tak cuma itu, Giring juga memiliki banyak prestasi bersama Nidji, dengan dukungan banyak penggemar. Namun, ia kini telah meninggalkan dunia musisi itu untuk fokus menjadi politikus.

Baca Juga: Presiden Jokowi Pastikan Korban Tragedi Kanjuruhan di Rumah Sakit Dapat Perawatan dan Pelayanan Terbaik

Berikut ini prestasi Giring Ganesha selain menjadi penyanyi:

Duta Sahabat Anak Indonesia

Prestasi Giring Ganesha adalah ia dipilih menjadi Duta Sahabat Anak Indonesia bersama Nafa Urbach dan Amel Carla.

Pengusaha Perusahaan Media

Prestasi lainnya yakni, ia merupakan seorang pengusaha. Usahanya bergerak di bidang media yang menyasar pembaca generasi Z dengan rentang usia dari 15 tahun hingga 25 tahun.

Ketua Umum PSI

Meskipun gagal menjadi wakil rakyat di pemilu 2019, ia tetap berkutat di ranah politik. Giring pernah menjadi Plt Ketua Umum PSI. Kini ia menjabat sebagai Ketua Umum PSI. 

Presiden Indonesia eSport Premier League

Pada 2020, ia pernah menjabat sebagai Presiden Indonesia eSport Premier League.

Kontributor : Annisa Fianni Sisma