10 Keutamaan Sholawat Nabi, Pujian kepada Rasulullah Dilantunkan saat Maulid Nabi 2022

Rifan Aditya
10 Keutamaan Sholawat Nabi, Pujian kepada Rasulullah Dilantunkan saat Maulid Nabi 2022
Ilustrasi orang baca doa - keutamaan sholawat Nabi (pexels)

Berikut keutamaan sholawat Nabi Muhammad SAW dan bacaan latinnya sholawatnya.

Suara.com - Amalan yang dapat dikerjakan ketika Maulid Nabi ada berbagai macam. Mulai dari membaca Al Quran, dzikir, sedekah hingga memperbanyak sholawat. Khusus yang terakhir, apa keutamaan sholawat nabi itu?

Sholawat nabi dianjurkan banyak dibaca setiap Maulid Nabi tiba. Begitu juga tahun ini, yang mana Maulid Nabi 2022 dirayakan pada Sabtu, tanggal 8 Oktober 2022.

Ketika momen perayaan hari kelahiran Rasulullah tiba, bacaan sholawat nabi sebaiknya dibaca lebih banyak. Sebab akan mendatangkan lebih banyak keutamaan ketika dibaca di hari spesial ini.

Adapun keutamaan sholawat Nabi Muhammad SAW diantaranya:

Baca Juga: 3 Hadits Tentang Maulid Nabi Muhammad SAW, Rahmat dan Syafaat Merayakannya

  1. Meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW
  2. Hadits-hadist meriwayatkan seseorang yang membaca sholawat dengan sungguh-sunguh akan mendapatkan doa dari para malaikat. Para malaikat akan mendoakan keselamatan dan melindungi pembaca sholawat itu.
  3. Pembaca sholawat akan mendapatkan perlindungan langsung dari Allah SWT.
  4. Pembaca sholawat mendapatkan pengampunan dosa dan mendapatkan rahmat dari Allah SWT dan dari Nabi Muhammad SAW.
  5. Barangsiapa bersholawat satu kali, Allah akan memberi sepuluh rahmat sama dengan sepuluh derajat kepadanya
  6. Sholawat menjadi pengantar doa kita dijabah oleh Allah SWT.
  7. Pembaca sholawat akan mendapatkan syafaat dari Rasulullah SAW di akhirat
  8. Bila dengan ikhlas bersholawat, Allah akan memenuhi hajat-hajat kita, membaca sholawat dapat mencukupkan apa pun yang diinginkan manusia.
  9. Bagi yang tidak mampu bersedekah, tapi selalu membaca sholawat, maka Allah menghitungnya sebagai bagian dari sedekah.
  10. Sholawat menjadikan kita lebih sabar, tawakkal, dan tidak mudah tersinggung dengan keadaan sekitar yang tidak ideal

Kumpulan Sholawat Dibaca saat Maulid Nabi Muhammad SAW

Apa saja bacaan sholawat yang dapat dilantunkan untuk memuji Rasulullah di hari kelahirannya? Suara.com melansir, ada 5 sholawat yang bisa anda baca mulai sekarang.

1. Sholawat Fatih

“Allahumma sholli ala sayyidina muhammaddinil fatihi lima ughliqo wal khotimi lima sabaqo, nashiril haqqi bil haqqi wal hadi ila shirotikal mustaqim wa ala alihi haqqo qodrihi wa miq darihil adzim.”

Artinya: “Ya Allah limpahkanlah rahmat dan keselamatan serta berkah kepada nabi Muhammad SAW, sebagai pemuka sesuatu yang terkunci, dan penutup sesuatu (para nabi) yang terdahulu, dialah penolong yang benar dengan membawa kebenaran serta petunjuk menuju jalan-Mu yang lurus. Semoga Allah melimpahkan rahmat-Nya kepada keluarga dan para sahabatnya dengan sebenar-benarnya dengan pangkat dan kedudukan yang agung.”

Baca Juga: CEK FAKTA: Benarkah Suporter Sepak Bola Jerman Membentuk Formasi Menghormati Rasulullah?

Bacaan sholawat fatih ini bisa diamalkan setiap setelah shalat.

2. Sholawat Nariyah

“Allaahumma sholli sholaatan kaamilatan wasallim salaamaan taamman alaa sayyidinaa muhammadinil ladzii tanhallu bihiluqodu watanfariju bihilkurobu watuqdhoo bihilhawaaiju watunaalu bihir roghooibu wahusnul khowaatimi wayustasqaal ghomaamu biwajhihilkariimi waalaa aalihii washohbihii fii kulli lamhatin wanafasin biadadi kulli maluumin laka.”

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau.”

Anda bisa mengamalkan sholawat Nariyah setelah shalat.

3. Sholawat Mukafaah

“Allohumma sholli ala sayidina muhammadin wa ala alihi sayidina muhammad, sholatan maqbulatan tu,addi biha anna haqqohul adzim.”

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat, salam dan berkah kepada junjungan kita Muhammad SAW yang ummi (tidak bisa baca tulis) yang menjadi kekasih Allah SWT, yang luhur pangkatnya dan yang agung kemuliaannya, dan limpahkanlah pula atas keluarganya dan para sahabatnya.”

Sholawat Mukafaah bisa dibaca sebelum sholat sambil menunggu para jamaah atau waktu shalat tiba.

4. Sholawat Ibrahimiyah

“Allohumma solli ‘alaa muhammad, wa ‘alaa aali muhammad, kamaa sollaita ‘alaa aali ibroohim, wa baarik ‘alaa muhammad, wa ‘alaa aali muhammad, kamaa baarokta ‘alaa aali ibroohim, fil ‘aalamiina innaka hamiidummajiid.”

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan untuk Nabi Muhammad. Dan juga limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat dan keselamatan kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim.”

Sholawat ini juga dapat dibaca sebelum sholat sambil menunggu waktu shalat tiba

5. Sholawat Matsurah

“Allaahumma sholli alaa muhammadin nabiyyil ummiyyi wa alaa aalihi wasallim.”

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah sholawat kepada Nabi Muhammad yang tiada dapat membaca dan menulis (Ummy) dan semoga keselamatan tercurah kepada segenap keluarganya.”

Jika tidak bisa membaca Bahasa Arabnya, Anda bisa mengamalkan sholawat nabi dari mempelajari bacaan latin dan artinya seperti di atas. Itulah keutamaan sholawat Nabi Muhammad SAW dan bacaan latinnya.