Pamer Pembangunan Infrastruktur ke Relawan, Jokowi: Tidak Mungkin Bersaing dengan Negara Lain Kalau Jalannya Becek

Dwi Bowo Raharjo | Bagaskara Isdiansyah
Pamer Pembangunan Infrastruktur ke Relawan, Jokowi: Tidak Mungkin Bersaing dengan Negara Lain Kalau Jalannya Becek
Presiden Jokowi memamerkan hasil kerjanya selama 8 tahun memimpin Indonesia, terutama soal pembangunan infrastruktur ke relawan di GBK Jakarta, Sabtu, (26/11/2022). (ANTARA/Melalusa Susthira K).

Jokowi mengatakan pembangunan infrastruktur mulai dari Airport, Jalan Tol, hingga pelabuhan-pelabuhan sangat diperlukan.

Suara.com - Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi, memamerkan hasil kerjanya selama 8 tahun memimpin Indonesia. Terutama hal yang dipamerkan terkait dengan capaian pembangunan infrastruktur.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam acara silaturami akbar bersama relawan Jokowi bertajuk Nusantara Bersatu di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (26/11/2022).

"Setelah 8 tahun kita bekerja keras membangun negara kita Indonesia, membangun jalan-jalan nasional baik di dalam Jawa maupun di luar Jawa, membangun jalan tol baik di Jawa maupun di luar Jawa dan juga jalan-jalan kecil di desa, jembatan-jembatan kecil di desa lewat dana desa, kita juga membangun airport baru, pelabuhan-pelabuhan baru utamanya di luar Jawa," kata Jokowi.

Menurutnya, hal ia paparkan tersebut merupakan fondasi infrastruktur. Ia menilai dari mulai Airport, Jalan Tol, hingga pelabuhan-pelabuhan sangat diperlukan.

Baca Juga: Ganjar Dinilai Berperan dalam Pengembangan Desa Wisata Karangrejo

"Semua itu diperlukan, di Jawa maupun di luar jawa sangat-sangat diperlukan sebagai fondasi untuk bersaing dengan negara-negara lain," ungkapnya.

Presiden Jokowi meresmikan tol Sumatera (Dok Biro Pers Istana Presiden)
Presiden Jokowi meresmikan tol Sumatera (Dok Biro Pers Istana Presiden)

Ia mengatakan, jika tidak melakukan hal tersebut Indonesia tidak akan bersaing dengan negara lain.

"Tidak mungkin kita bersaing dengan negara-negara lain kalau jalannya becek, benar? tidak mungkin kita bersaing dengan negara lain kalau kita tidak punya airport di provinsi-provinsi yang kita miliki bener?," tuturnya.

Lebih lanjut, eks Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan, dengan pembangunan infrastruktur rakyat menjadi terbantu atau dimudahkan, misalnya membawa produk-produk UMKM-nya atau hasil taninya.

"Dengan infrastruktur itulah rakyat diberi kemudahan untuk membawa produk-produknya, petani bisa membawa padinya dari desa ke kota, nelayan bisa menjual ikannya dari desa ke kota karena ada infrastruktur. Setuju ndak?," pungkasnya.

Baca Juga: Disebut Top of Mind, Saiful Mujani: Ganjar Lebih Unggul dari Anies