Hacker China Berhasil Curi Puluhan Juta Dolar Dana Bansos Covid AS

Diana Mariska
Hacker China Berhasil Curi Puluhan Juta Dolar Dana Bansos Covid AS
Ilustrasi Hacker di Dunia - Gaji Hacker di Dunia (Unsplash/Hacker)

Kelompok peretas China dilaporkan berhasil membawa kabur dana bantuan dan tunjangan Covid-19 Amerika Serikat sebesar hingga 20 juta dolar AS.

Suara.com - Kelompok peretas China dilaporkan berhasil membawa kabur dana bantuan dan tunjangan Covid-19 Amerika Serikat hingga sebesar 20 juta dolar AS.

Dilansir dari NBC News, Secret Service mengungkapkan hal itu pada Senin (5/11). Kelompok peretas yang disebut-sebut terafiliasi dengan pemerintah China itu menggondol dana tunjangan untuk pengangguran hingga pinjaman untuk usaha kecil di belasan negara bagian di AS.

Aktivitas pencurian ini dilaporkan telah dimulai sejak tahun 2020 dan dilakukan oleh APT41, yaitu kelompok peretas yang berbasis di Chengdu.

“Gila jika berpikir kelompok ini tidak menargetkan 50 negara bagian,” kata Roy Dotson, yang bertindak sebagai salah satu di Secret Service.

Baca Juga: Cek Fakta Heboh Tentara China Berseragam Lengkap Masuk Indonesia Tengah Malam, Benarkah?

Secret Service menolak untuk mengonfirmasi ruang lingkup investigasi lainnya dan mengatakan ada lebih dari 1.000 investigasi yang tengah berlangsung yang melibatkan aktor kriminal transnasional dan domestik yang melakukan aksinya terhadap program dana bantuan publik.

Badan tersebut juga menyebut APT41 sebagai “pemain terkemuka".

Warta Ekonomi menyebut bahwa beberapa anggota grup peretas telah didakwa pada 2019 dan 2020 oleh Departemen Kehakiman AS karena memata-matai lebih dari 100 perusahaan, termasuk perusahaan pengembangan perangkat lunak, penyedia telekomunikasi, perusahaan media sosial, dan pengembang gim video.

"Sayangnya, Partai Komunis China telah memilih jalan yang berbeda untuk membuat China aman bagi penjahat dunia maya selama mereka menyerang komputer di luar China dan mencuri kekayaan intelektual yang berguna bagi China," kata mantan Wakil Jaksa Agung, Jeffrey Rosen, saat itu.

Kedutaan China di Washington belum menanggapi permintaan untuk berkomentar.

Baca Juga: Link Nonton Drama China Flight to You Sub Indo Episode 1-39, Klik di Sini!