3 Link Streaming Akad Nikah Kaesang-Erina Gudono Tanpa Iklan, Cek Jadwalnya dan Jangan Ketinggalan!

Rifan Aditya
3 Link Streaming Akad Nikah Kaesang-Erina Gudono Tanpa Iklan, Cek Jadwalnya dan Jangan Ketinggalan!
live streaming pernikahan kaesang (YouTube Presiden Joko Widodo)

Berikut link streaming akad nikah Kaesang Pangarep.

Suara.com - Putra bungsu Presiden Jokowi akan melangsungkan pernikahan dengan Erina Gudono pada Sabtu 10 Desember 2022 di Pendopo Agung Ambarrukmo, Yogyakarta. Berikut link streaming akad nikah Kaesang Pangarep.

Sebenarnya, banyak stasiun televisi nasional yang menayangkan prosesi pernikahan Kaesang-Erina Gudono. Namun karena peralihan sinyal TV analog ke TV digital tidak semua masyarakat dapat menyaksikan acara bahagia ini. Makanya banyak yang mencari link streaming akad nikah Kaesang Pangarep yang gratis.

Pernikahan Kaesang-Erina telah diliput sejak awal prosesi dari pengajian, siraman hingga malam ini acara midodareni. Nah, besok Sabtu (10/12) adalah proses ijab kabul atau akad nikahnya. Untuk itu pastikan anda sudah mendapat akses link streaming akad nikah Kaesang-Erina.

Link nonton pernikahan Kaesang Pangarep ini juga dapat kalian di beberapa situs. Salah satu link bahkan tidak ada jeda iklan karena disiarkan langsung melalui kanal YouTube Presiden Joko Widodo.

Baca Juga: Ini Pergeseran Klasemen Liga Inggris Usai Mayoritas Tim Big Six Tampil Memble di Pekan ke-22

Berbeda dengan streaming pernikahan Kaesang yang disiarkan lewat televisi dimana ada jeda iklan. Akad nikah ini akan dilangsungkan di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo, Yogyakarta yang disiarkan di SCTV dan Indosiar. Setelah itu, pada 11 Desember 2022, akan dilangsungkan acara ngunduh mantu dan resepsi.

Selain itu, merangkum berbagai sumber, warga di sekitar kediaman Erina Gudono akan menggelar acara nonton bareng alias nobar pernikahan Kaesang di Padukuhan Purwosari RT 01 RW 58, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Berikut rangkaian acara pernikahan yang urutannya diambil dari penanggalan Jawa Kuno ini. Sebagai informasi tambahan, rangkaian acaranya sudah dimulai sejak hari Kamis. 

  1. Sema'an Alquran (Pengajian)
    Kamis, 8 Desember 2022 (sore-malam)
  2. Pemasangan bleketepe
    Jumat, 9 Desember 2022 (pagi) oleh orang tua pengantin 
  3. Prosesi langkahan
    Jumat, 9 Desember 2022
  4. Siraman
    Jumat, 9 Desember 2022 (07.30 WIB)
    berlangsung secara tertutup
    dilakukan oleh keluarga masing-masing pengantin
  5. Midodareni (Lamaran)
    Jumat, 9 Desember 2022 (malam) 
    Keluarga Jokowi datang ke kediaman keluarga Erina Gudono
  6. Akad pernikahan
    Sabtu, 10 Desember 2022 (12.30 WIB)
  7. Ngunduh Mantu
    Minggu, 11 Desember 2022 (06.00 WIB) di Loji Gandrung, Rumah Dinas Wali Kota Solo
  8. Kirab Pengantin
    Minggu, 11 Desember 2022 (08.30 WIB) dari Loji Gandrung ke Puro Mangkunegaran
  9. Resepsi atau tasyakuran
    Minggu, 11 Desember 2022 (09.30 WIB) di Puro Mangkunegaran

Link Streaming Akad Nikah Kaesang

Bagi kalian yang penasaran dan ingin ikut menyaksikan acara pernikahan Kaesang dan Erina Gudono, bisa menonton siarannya melalui link di bawah ini.

Baca Juga: Link Live Streaming Tottenham Hotspur vs Manchester City di Liga Inggris

Sehari sebelum akad nikah, prosesi adat mulai dilakukan seperti pemasangan bleketepe dan siraman. Hal yang menarik perhatian ketika acara siraman adalah momen ketika Jokowi menggendong putra bungsunya.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan sungkeman yang dilakukan Kaesang di hadapan Jokowi dan sang ibunda, Iriana Joko Widodo. Diantar oleh dua kakaknya, Gibran dan Kahiyang Ayu, Kaesang memasuki lokasi siraman.

Air yang digunakan dalam prosesi siraman berasal dari tujuh sumber calon pengantin wanita, yaitu Keraton Mangkunegaran, Keraton Kasunanan, Istana Merdeka, Istana Bogor, Masjid Agung Surakarta, Umbul Pengging dan air dari kediamannya di Solo.

Menariknya, Erina melakukan prosesi langkahan karena melangkahi dua kakaknya yang belum menikah. Prosesi langkahan adalah simbol penghormatan pada kakak sekaligus meminta restu atas pernikahan sang adik.

Dalam adat Jawa, prosesi langkahan dilakukan agar saudara yang dilangkahi ikhlas melepas adiknya. Sebagai tanda terima kasih, kakak diizinkan meminta apa saja sebagai "plangkah" dari sang adik

Itulah informasi tentang link streaming akad nikah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa menjawab rasa penasaran kalian.

Kontributor : Rima Suliastini