Mendadak Kontraksi di KRL, Aksi Heroik Petugas Stasiun Tanah Abang Bantu Bumil Melahirkan

Agung Sandy Lesmana | Yaumal Asri Adi Hutasuhut
Mendadak Kontraksi di KRL, Aksi Heroik Petugas Stasiun Tanah Abang Bantu Bumil Melahirkan
Peristiwa penumpang ibu hamil yang mendadak lahiran di Stasiun Tanah Abang. (tangkapan layar/ist)

Ketika memasuki Stasiun Palmerah, Siti merasakan sakit dan kontraksi pada perutnya seperti hendak melahirkan.

Suara.com - Seorang bayi lahir di Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Senin (23/1/2023) lalu. Kelahiran bayi berjenis laki-laki tersebut dibantu petugas stasiun.

Kejadian itu berawal ketika seorang ibu hamil bernama Siti Fatimah menaiki kereta dengan rute Stasiun Tiga Raksa - Stasiun Tanah Abang. Ketika memasuki Stasiun Palmerah, Siti merasakan sakit dan kontraksi pada perutnya seperti hendak melahirkan.

"Petugas pengawal Commuterline No.2033 dengan sigap membantu dan segera berkoordinasi dengan petugas Kesehatan dan Pengamanan Stasiun Tanah Abang yang sedang berdinas di peron 5-6, bahwa terdapat pengguna hamil yang akan segera melahirkan di kereta ke 4 dari belakang," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba saat dikonfirmasi Suara.com pada Rabu (25/1/2023).

Sesampainya di Stasiun Tanah Abang, petugas dan suami Siti membawanya ke Ruang Pos Kesehatan dengan menggunakan tandu. Pada pukul 10.36 dengan persalinan normal, Siti melahirkan bayi laki-laki dengan selamat.

Baca Juga: Stasiun Manggarai Semrawut, KAI Operasikan Feeder KRL Tambahan di Jam Sibuk

"Setelah proses persalinan dan perawatan awal, kondisi pengguna yang melahirkan cukup stabil kemudian dirujuk ke RSUD Tarakan untuk dilakukan proses perawatan selanjutnya," kata Anne.

Anne mengimbau kepada pengguna jasa kereta KAI Commuter untuk tidak segan meminta bantuan ke petugas jika membutuhkan pertolongan.

"KAI Commuter juga mengimbau untuk tetap jaga kondisi dan selalu utamakan keselamatan," kata Anne.