Cap Go Meh 2023 Libur atau Tidak? Ini Update Aturan SKB 3 Menteri Terbaru

Chyntia Sami Bhayangkara
Cap Go Meh 2023 Libur atau Tidak? Ini Update Aturan SKB 3 Menteri Terbaru
Ilustrasi cap go meh 2023 libur atau tidak (Pexels)

Cap Go Meh 2023 Libur atau Tidak? Simak Jadwalnya

Suara.com - Cap Go Meh merupakan rangkaian perayaan Tahun Baru Imlek yang dilaksanakan pada hari ke-15 bulan pertama dalam kalender Lunar. Sebagai informasi, Cap Go Meh akan jatuh pada Minggu, 5 Februari 2023 mendatang. Cap Go Meh 2023 libur atau tidak?

Secara bahasa, Cap Go Meh berasal dari bahasa Hokkian. Kata cap memiliki arti sepuluh, go memiliki arti lima, dan meh memiliki arti malam. Jadi Cap Go Meh berarti malam ke-15 setelah Tahun Baru Imlek. 

Cap Go Meh menjadi puncak perayaan Tahun Baru Imlek yang dilaksanakan oleh masyarakat keturunan Tionghoa. Masyarakat biasanya merayakan Cap Go Meh dengan menyalakan lampion, menggelar pertunjukkan liong dan barongsai, hingga menyajikan makanan-makanan khas di festival. 

Sejarah Cap Go Meh

Baca Juga: Mengenal Tradisi Cap Go Meh dan Hal-hal yang Identik dengan Perayaannya

Cap Go Meh telah dirayakan lebih dari 2.000 tahun yang lalu yakni sejak Dinasti Han (206 SM - 25 M). Biksu Buddha membawa lampion untuk beribadah dan menerbangkannya. Lampion yang terbang memiliki simbol untuk melepaskan nasi buruk di tahun sebelumnya dan menyambut nasib baik di masa mendatang. Lampion berwarna merah juga melambangkan kemakmuran, kesatuan, dan rezeki.

Di Tiongkok, Cap Go Meh dikenal sebagai Festival Yuan Xiao yang merupakan tradisi yang diselenggarakan dengan pesta rakyat. Di sisi lain, bagi keluarga Tionghoa yang merayakan Cap Go Meh dilakukan dengan tradisi makan bersama. Selain itu, ada disajikan aneka hidangan Imlek seperti kue keranjang, jeruk mandarin, pangsit dan masih banyak lainnya. 

Sementara itu di Indonesia, perayaan Cap Go Meh dilakukan dengan makan ketupat dan lontong Cap Go Meh yang dianggap spesial dan memiliki makna pembawa keberuntungan.

Apakah Perayaan Cap Go Meh Libur?

Merujuk pada Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri, pemerintah menetapkan Tahun Baru Imlek yang bertepatan pada Minggu, 22 Januari 2023 yang mana bertepatan pada hari Minggu. Hal ini sehingga banyak perusahaan hingga sekolah libur. Sementara itu, pemerintah juga memberikan kebijakan baru terkait penambahan cuti bersama pada Senin, 23 Januari 2023.

Baca Juga: Festival Cap Go Meh 2023 di Kota Padang, Meriah dan Diwarnai Hujan Deras

Lantas bagaimana perayaan Cap Go Meh? Sayangnya, tidak ada aturan mengenai libur atau cuti bersama pada perayaan Cap Go Meh. Namun, perayaan Cap Go Meh bertepatan pada Minggu, 5 Februari 2023 mendatang merupakan libur akhir pekan.

Nah itulah informasi seputar perayaan Cap Go Meh beserta sejarah dan jawaban mengenai hari libur Cap Go Meh. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Anda!

Kontributor : Muhammad Zuhdi Hidayat