Deretan Tabrakan Pesawat di Indonesia, Terbaru Lion Air Senggol Garbarata

Farah Nabilla
Deretan Tabrakan Pesawat di Indonesia, Terbaru Lion Air Senggol Garbarata
Ilustrasi pesawat Lion Air. [Antara]

Sebuah pesawat maskapai Lion Air gagal terbang karena menabrak atap garbarata di Merauke.

Suara.com - Lion Air lagi-lagi mengalami gagal terbang saat akan lepas landas dari Bandara Mopah, Merauke pada Kamis, (26/01/2023). Peristiwa gagal terbang ini disebabkan oleh bagian sayap pesawat tiba tiba menabrak atap garbarata hingga menyebabkan kerusakan pada kaca garbarata.

Sejumlah penumpang pun sempat panik dan meminta pilot untuk berhenti karena bagian sayap menyenggol atap hingga pecah. Akibatnya, pesawat Lion Air JT 0797 ini gagal menerbangkan 122 penumpang menuju Jayapura Papua.

Kejadian tabrakan pesawat ini bukanlah pertama kali terjadi di Indonesia. Sebelumnya, ada beberapa peristiwa tabrakan pesawat yang juga terjadi dan menyebabkan kegagalan terbang. Lalu, apa saja peristiwa tersebut? Simak inilah selengkapnya.

1. Lion Air tabrak tiang lampu bandara

Baca Juga: Jangan Sampai Typo, Begini Tips Membeli Tiket Pesawat dengan Benar

Sebuah insiden kecil terjadi pada pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 633 rute Bengkulu-Jakarta pada Rabu, (07/11/2018) silam mengalami insiden pesawat yang menabrak tiang lampu dan mengalami kerusakan.

Hal tersebut pun sempat diungkap oleh salah satu penumpang pesawat lain yang mengaku penerbangannya tertunda karena insiden tersebut.

"Bismillah semoga lancar sampai tujuan. Pesawat Batik Air yang kami tumpangi tertunda terbang karena ada insiden kecil, pesawat Lion Air menyenggol tiang sehingga menyebabkan sayap kiri pesawat tujuan Bengkulu-Jakarta batal berangkat malam ini," tulis penumpang tersebut.

Akibatnya, penerbangan pesawat Lion tersebut gagal menerbangkan para penumpang dari Bengkulu ke Jakarta.

2. Batik Air ditabrak shuttle bus

Baca Juga: Rakyat Dilarang, Kemenhan dan TNI Ternyata Masih Boleh Thrifting

Pada 2021 lalu, sebuah insiden juga terjadi pada maskapai Batik Air. Hal ini pun terungkap usai unggahan Pengamat Transportasi dan Kebijakan Publik Agus Pambagio, Sabtu (03/04/2021) lalu yang memperlihatkan sebuah pesawat dan shuttle bus yang terlihat "menempel".