2017, Titik Awal Pasar Motor Listrik Indonesia

Ririn Indriani | Insan Akbar Krisnamusi
2017, Titik Awal Pasar Motor Listrik Indonesia
Sejumlah pengguna sepeda motor listrik mengikuti konvoi motor listrik, di Jakarta, Sabtu (28/10).

Motor listrik tak sekadar wacana dan rencana, tapi sudah terealisasikan di 2017.

Suara.com - Tahun 2017 menjadi titik tolak awal pasar motor listrik Indonesia. Pada tahun ini, kehadiran motor listrik tak sekadar wacana dan rencana, tapi sudah terealisasikan, meski bukan dari 'pemain besar' di industri.

Pada tahun bershio ayam api ini, motor listrik pertama di Tanah Air yaitu Viar Q1 muncul. Q1 meluncurkan Juni lalu. Skuter otomatis (skutik) listrik ini merupakan hasil kerja sama antara Viar dengan Bosch.

Tak hanya itu, 'kuda besi' berharga Rp16 juta-an ini pun sudah dirakit di Semarang, Jawa Tengah, tanpa perlu mendapat subsidi apa pun untuk lokalisasi produksi maupun untuk harga jualnya.

Merek motor listrik lain yang bakal hadir pada kuartal satu 2018 di Nusantara, Gesits, pada tahun ini juga menandatangani perjanjian kerja sama produksi dengan Badan Usaha Milik Negara (BUM) PT. Wijaya Karya (Wika) Industri dan Konstruksi. Gesits, yang lahir dari kerja sama Garansindo Group dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, juga telah ditengok dan dijajal oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan.

Pergerakan dari kedua mereka ini memprovokasi jagoan-jagoan Jepang bergerak. Yamaha membuat konferensi pers soal studi pasar motor listrik di Indonesia, sementara Honda membeberkan ke masyarakat bahwa mereka bakal membawa All-New PCX bertenaga hibrida dan listrik, tahun depan.

Pergerakan-pergerakan kecil di pasar motor listrik ini mewarnai jagad roda dua Indonesia yang saat ini masih terbilang kelam jika dilihat dari volume penjualan. Pasalnya, pasar motor secara keseluruhan tahun ini diperkirakan turun lagi, dari 5,9 juta di 2016 menjadi 5,8 juta unit.

Penurunan pasar yang terjadi sejak 2015 masih berlanjut hingga saat ini. Di luar segmen motor listrik, terlihat beberapa pergerakan dari pemimpin pasar, Honda, untuk membesarkan diri di segmen motor besar, motor trail, dan skutik 150 cc yang belum banyak mereka jamah. Untuk motor besar dan motor trail, mereka meluncurkan CRF1000L African Twin, New CB500F dan CB500X, CMX500 Rebel, CRF250Rally.

Manuver terakhir Honda persis di penghujung tahun ialah merilis skutik 150 cc All-New PCX yang kini sudah dirakit lokal dan diturunkan harganya hingga memepet Nmax. Yamaha, beberapa hari sebelum kemunculan All-New PCX, juga sudah terlebih dahulu mengintroduksi Nmax versi 2018.

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Selamat siang para pejuang kehidupan 💪
#QuotesOfTheDay

INFOGRAFIS