Makin Banyak Motor Listrik di 2018, PCX Lawan Nmax Makin Seru

Liberty Jemadu | Insan Akbar Krisnamusi
Makin Banyak Motor Listrik di 2018, PCX Lawan Nmax Makin Seru
Yamaha Nmax 2018. [Suara.com/Dythia Novianty]

"Semua pasti akan menunggu-nunggu motor listrik, tapi pasti enggak sesederhana yg kita bayangkan."

Suara.com - Di 2018, bakal ada dua hal yang dipastikan akan membuat pasar sepeda motor Indonesia asyik disimak. Pertama adalah makin banyaknya motor listrik, sementara yang kedua ialah makin serunya persaingan antara Honda PCX dengan Yamaha Nmax.

Pasar motor listrik tercipta di Indonesia sejak tahun ini, dengan kemunculan skutik Viar Q1 berbanderol Rp16 juta-an pada Juni kemarin. Di kuartal satu 2018 nanti, Q1 akan punya pesaing baru yaitu skutik Gesits.

Gesits, yang dikembangkan Garansindo Group bersama Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, bakal diproduksi di pabrik PT. Wijaya Karya (Wika) Industri dan Konstruksi di Cileungsi, Bogor. Harganya ditargetkan tak jauh berbeda dengan Q1 yaitu Rp16 juta-an.

Serunya lagi, pemimpin pasar kuda besi Indonesia, Honda, juga telah memastikan diri mengaspalkan PCX versi mesin hibrida dan listrik tahun depan. Pabrikan asal Jepang ini, usai peluncuran PCX terbaru bermesin konvesional pada pertengahan Desember di Jakarta, sudah membeberkan bahwa varian hibrida serta listrik dari model ini direncanakan meluncur pada semester satu 2018.

Hanya saja, Honda belum bisa memastikan apakah perkenalan keduanya dilakukan bersamaan atau terpisah. Mereka kini sedang menunggu detail regulasi kendaraan listrik bernama peraturan low carbon emission vehicle (LCEV).

Meski makin banyak modelnya, pasar motor listrik diperkirakan masih memiliki volume penjualan tak signifikan.

"Semua pasti akan menunggu-nunggu motor listrik, tapi pasti enggak sesederhana yg kita bayangkan," papar Production, Engineering, and Procurement Director PT. Astra Honda Motor(AHM), David Budiono, dalam Workshop Wartawan Industri Astra pada bulan ini di Semarang, Jawa Tengah.

"Pengisian dayanya butuh empat atau lima jam. Infrastruktur juga bagaimana. Kayaknya, permintaan tak akan cepat melesat tapi pasti ada karena orang akan coba dulu. Pasarnya belum besar tapi perlahan demi perlahan pasti akan meningkat terus," imbuh dia.

Di luar soal motor listrik, persaingan PCX dengan Nmax di kelas skutik 150 cc yang sedang naik daun bakal lebih ganas pula. Ini karena PCX generasi baru telah diproduksi secara lokal dengan harga on the road Jakarta yang memepet Nmax yaitu Rp27-32 juta, sedangkan Nmax versi 2018 berbanderol Rp26,3-30,2 juta.

Target Nmax sendiri tahun depan, menurut Yamaha dalam peluncuran Nmax versi 2018 pada bulan ini di Sentul, Bogor, berkisar 300.000-360.000 setahun. Sementara itu, penjualan PCX, ungkap Honda saat peluncuran model tersebut, ingin diroketkan dari cuma 22.000 selama tujuh tahun belakangan menjadi 150.000 unit per tahun.

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Jika kamu memilih untuk mencinta, bertahanlah. Jangan kau biarkan cinta yang membuat kamu larut dalam perahu kertas yang mengalir itu. Karena, hanya hati mu yang tau..
.
.
-------
Follow @Suaradotcom - Tanpa Suara Beda Artinya
-------
.
.
#Suaradotcom #Infopenting #Infojakarta #beritahariini #Foto #Jakarta #Quotes #Quotesoftheday #perahukertas

INFOGRAFIS