Kata Mitsubishi Soal Deklarasi Perang Toyota Rush untuk Xpander

Dythia Novianty | Insan Akbar Krisnamusi
Kata Mitsubishi Soal Deklarasi Perang Toyota Rush untuk Xpander
Jajaran petinggi Mitsubishi dan deretan Mitsubishi Xpander saat acara peluncuran pengiriman massal, di Cikarang. [Dok. Mitsubishi]

Mitsubishi Xpander mendapatkan tantangan terbuka dari All-New Toyota Rush.

Suara.com - Mitsubishi Xpander mendapatkan tantangan terbuka dari All-New Toyota Rush secara verbal maupun lewat aksi penurunan harga jual. Namun, Mitsubishi tetap yakin multi purpose vehicle (MPV) 'rasa' sport utility vehicle (SUV) mereka itu mampu mempertahankan capaian positif saat ini.

Presiden Direktur PT. Toyota Astra Motor, Yoshihiro Nakata, di sela-sela peluncuran All-New Rush pada beberapa waktu lalu menegaskan bahwa perubahan-perubahan pada generasi baru SUV tersebut adalah 'senjata' Toyota untuk menghadapi Xpander. Pada awal Januari, saat distribusi All-New Rush dimulai, Toyota mengumumkan banderol on the road Jakarta bagi tipe TRD Sportivo AT model ini turun Rp3 juta dan tiga tipe lain tak berubah.

Menanggapi 'deklarasi perang' dari pabrikan pemimpin pasar tersebut, Mitsubishi mengakui bahwa memang tarik-menarik konsumen antar Xpander dan All-New Rush dimungkinkan. Ini karena Xpander merupakan MPV dengan rasa SUV, dan All-New Rush adalah SUV yang dibuat lebih mirip lagi dengan MPV.

"Cuma, faktanya, SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) Xpander masih terus bertambah. Kami masih harus terus memenuhi inden. Jadi sejauh ini, saya lihat mereka (All-New Rush) berjalan, kami juga berjalan," ujar Direktur Penjualan dan Pemasaran PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Irwan Kuncoro, saat diwawancarai pascapeluncuran dua varian Pajero Sport rakitan lokal terbaru, Rabu (17/1/2018) di Jakarta.

Adapun jumlah pemesanan Xpander hingga akhir 2017 ada di kisaran 50 ribu unit. Inden panjang masih terjadi sampai-sampai pabrik baru Mitsubishi di Cikarang, Bekasi lembur untuk tingkatkan lagi produksi menjadi 7.000 unit per bulan mulai Januari, lebih banyak dari kapasitas perakitan maksimal dalam kondisi normal yaitu 5.000 unit per bulan.

Penjualan Xpander pada 2017 sendiri, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) adalah 13.070 unit. Penjualannya padahal baru dimulai dari September.

Direktur Penjualan dan Pemasaran MMKSI, Osamu Iwaba, menjelaskan, Xpander mendapat penerimaan sangat luar biasa sejak kehadirannya.

"Khusus pada November dan Desember, Xpander adalah model terlaris kedua di kelasnya, di bawa Toyota Avanza," tukas dia.

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS