Bugatti Buat Kaliper Rem Titanium Terbesar Sedunia

Ferry Noviandi | Insan Akbar Krisnamusi
Bugatti Buat Kaliper Rem Titanium Terbesar Sedunia
Bugatti Chiron. [Motor1]

Kaliper rem titanium Bugatti ini diklaim lebih kuat dan lebih ringan 40 persen ketimbang kaliper rem aluminium yang di hypercar bertenaga 1.500hp, Chiron.

Suara.com - Bugatti baru saja mengumumkan keberhasilan mereka membuat kaliper rem berbahan titanium terbesar di dunia. Pabrikan hypercar ini juga bakal mengujinya dalam waktu dekat.

Kaliper rem titanium Bugatti, seperti diwartakan Carscoops baru-baru ini, diklaim lebih kuat dan lebih ringan 40 persen ketimbang kaliper rem aluminium yang di hypercar bertenaga 1.500hp, Chiron. Kaliper rem aluminium Chiron berbobot 10,8 pound (4,8 kg), sedangkan rem kaliper titanium itu mempunyai berat 6.4 pound (2,9 kg).

Bugatti Veyron 16.4 Grand Sport Vitesse yang pertama kali diperkenalkan di dunia pada arena Geneva Motor Show pada 2012 silam. [bugatti.com/suara.com]

Inovasi terbaru Bugatti itu juga diklaim sebagai kaliper rem titanium terbesar di dunia. Komponen ini memiliki panjang 16 inchi, lebar 8,2 inchi, serta tinggi 5,3 inchi.

Kaliper rem titanium kepunyaan pabrikan asal Prancis ini juga dibuat dengan mesin pencetak tiga dimensi terbesar di dunia. Butuh 45 jam dan empat laser untuk mencetak satu kaliper dengan 2.213 lapisan.

Bugatti menciptakan kaliper rem titanium bersama-sama dengan Laser Zentrum Nord di Hamburg, Jerman. Keduanya butuh tiga bulan untuk melakukan riset dan pengembangan.

Bugatti kini bersiap melakukan pengujian kaliper rem titanium yang mereka ciptakan. "Pengembangan kendaraan adalah sebuah proses yang tak pernah berakhir. Ini juga yang terjadi di Bugatti," kata Head of New Technologies Bugatti, Frank Götzke.

Bugatti Chiron [Shutterstock]

"Dalam riset dan pengembangan berkelanjutan yang kami lakukan, kami selalu mempertimbangkan bagaimana material serta proses baru dapat digunakan untuk membuat model-model terkini kami menjadi lebih baik. Juga bagaimana kendaraan masa depan kami akan didepan," paparnya.

Riset dan pengembangan kaliper rem titanium belum juga selesai, tapi Bugatti juga bersiap meneliti dan membuat inovasi lain. Mereka sedang mempersiapkan windscreen wiper yang dicetak tiga dimensi dan separuh lebih ringan dari windscreen wiper aluminium yang sekarang dipakai.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS