Reuni: Nenek Temukan Land Rover Buatannya setelah 70 Tahun !

RR Ukirsari Manggalani
Reuni: Nenek Temukan Land Rover Buatannya setelah 70 Tahun !
Land Rover produksi perdana HUE 166 yang dipajang di acara reuni 70 tahun Land Rover, di Solihull, Birmingham, Juni 2018 [Shutterstock].

Ada ikatan batin antara produk otomotif dan orang pertama yang menanganinya.

Suara.com - Pada 1946, Dorothy Peters masih berusia 15 tahun saat bersama ibunya datang ke Rover, cikal bakal Land Rover , di Solihull , tak jauh dari Birmingham, untuk mencari pekerjaan .

"Pabrik otomotif itu memiliki atap sangat tinggi, sehingga burung-burung bisa membuat sarang dan bertelur di situ," kenangnya, seperti diungkapkan lewat Daily Mail.

Lokasi pengerjaan itu sendiri, selama Perang Dunia Kedua disulap menjadi pabrik rahasia agar terhindar dari pengeboman angkatan udara Jerman yang beraksi dengan Luftwaffe dan menargetkan lokasi industri otomotif di Birmingham dan Coventry.

Mengenakan busana sederhana, kaos kaki panjang putih serta sepatu datar, Dorothy Peters muda langsung diterjunkan ke lini produksi pembuatan Land Rover Seri 1 yang memiliki transmisi gerak empat roda, atau 4x4 (four wheel drive).

Ia mengerjakan kendaraan nomor 16 dari sekian produk yang disiapkan untuk debut dunia Land Rover di Amsterdam Motor Show 1948.

Jatuh cinta pada sosok yang ia tangani, Dorothy Peters berpotret dengan Land Rover 16 itu. Waktu terus berjalan, bahkan dirinya lupa pada warna asli si mobil karena foto koleksinya berwarna hitam putih.

Sampai Juni 2018, saat hatinya tergerak menghadiri perayaan Rover ke-70 di pabrik Lode Lane, di Solihull, kota kelahiran Land Rover yang ia potret. Dorothy Peters yang berusia 87 tahun menunjukkan albumnya.

Dan potretnya bersama Land Rover nomor 16 sampai kepada Mike Bishop, pakar rekayasa tampilan dari Land Rover Classic. Pemiliknya sekarang, dan Land Rover itu sendiri memiliki nomor registrasi HNX 331, 260 AC.

"Saya didatangi oleh seorang perempuan tua yang karismatik, namun belum tahu bila kami akan berbagi secara emosional begitu dalam," kenang Mike Bishop.

Setelah album foto itu diangsurkan kepadanya, Mike Bishop langsung berpikir, "Saya mesti menggagas reuni antara keduanya: Land Rover milik saya, dengan Nenek yang menawan ini."

Secara rahasia, Mike Bishop mengajak putri serta cucu Dorothy Peters untuk merancang pertemuan Dorothy dengan si Land Rover nomor 16 yang dahulu ia tangani di garis produksi.

Air matanya pun berlinang, ketika Mike Bishop muncul di hadapannya, membawanya kepada Land Rover itu, serta mengemudikannya, mengajaknya merasakan medan lumpur, tanjakan curam, sampai menerabas genangan air.

"Saya sangat bersyukur, dan menjadi sangat emosional karena kejadian ini," ungkap Dorothy Peters tak kuasa menahan rasa haru.

"Inilah kesempatan untuk berbagi dengan putri dan cucu perempuan saya. Dan untuk melihat betapa berbedanya Land Rover itu saat berada di pabrik, serta kondisinya sekarang. Sangat istimewa, semuanya terasa seperti mimpi dan saya tidak akan pernah melupakannya," tuturnya penuh emosi mendalam.

Pihak Land Rover mengabadikan reuni indah antara sang pekerja dengan mobil buatannya dalam bentuk film pendek, yang diputar secara khusus di kediaman tempat Dorothy Peters menghabiskan masa pensiunnya.

Kecintaan sang nenek Dorothy Peters pada dunia otomotif ini bisa diteladani. Ternyata ada ikatan batin antara produk otomotif dan orang pertama yang menanganinya.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS