Jelang Persidangan Carlos Ghosn, Aliansi yang Dipimpinnya Aman

RR Ukirsari Manggalani
Jelang Persidangan Carlos Ghosn, Aliansi yang Dipimpinnya Aman
CEO Nissan Motors, Hiroto Saikawa berbicara saat konferensi pers di kantor pusat perusahaan di Yokohama, Prefektur Kanagawa (19/11/2018) [AFP/Behrouz Mehri].

CEO Nissan menyampaikan bahwa kondisi kepemimpinan Nissan dan Renault tak terpengaruh.

Suara.com - Hari ini, Selasa (8/1/2019) bakal segera digelar sidang terbuka di Pengadilan Tokyo, Jepang menyusul penangkapan dan dakwaan atas pimpinan kemitraan Nissan - Renault - Mitsubishi, Carlos Ghosn.

Dikutip kantor berita Antara dari AFP, Chief Executive Officer (CEO) Nissan, Hiroto Saikawa menyatakan bahwa aliansi antara Nissan dengan Renault sama sekali tidak berada dalam kondisi kritis, meski sempat terjadi ketegangan pasca penangkapan Carlos Ghosn di sebuah bandar udara dekat Tokyo.

"Saya sama sekali tidak berpikir bahwa kondisi kemitraan dalam bahaya," demikian disampaikan Hiroto Saikawa.

Meski demikian, ia enggan berkomentar seputar proses hukum dari mantan pimpinan  Nissan kelahiran Brasil yang berlangsung hari ini.

"Itu adalah bagian dari proses hukum dalam sistem Jepang, saya tidak memiliki komentar apapun untuk dinyatakan," tandas Hiroto Saikawa.

Dan disambungnya dengan pernyataan, "Saya hanya ingin fokus untuk menstabilkan kondisi perusahaan."

Sebagai catatan, setelah kejadian dibekuknya Carlos Ghosn oleh penegak hukum Jepang, Nissan dan Mitsubishi Motors Corporation segera mencopot posisinya sebagai pimpinan. Sementara Renault terus menjadikannya sebagai CEO.

Awalnya, pengamat otomotif meramalkan bahwa kemitraan antara Nissan - Renault - Mitsubishi akan segera berakhir dengan kejadian ini. Namun jelang tahun baru 2019, Hiroto Saikawa terbang ke Amsterdam, Belanda, untuk berbincang-bincang dengan pihak Renault.

Hasilnya, Nissan dan Renault tetap solid sampai sekarang, bahkan pihak Nissan melansir pernyataan bahwa kemitraan mereka sangatlah menguntungkan.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS