Proses Peradilan Terus Berlangsung, Carlos Ghosn Digeser

RR Ukirsari Manggalani
Carlos Ghosn dalam pameran otomotif di Perancis [Shutterstock].
Carlos Ghosn dalam pameran otomotif di Perancis [Shutterstock].

Pemerintah Perancis menginginkan kepemimpinan yang baru di pabrikan Renault.

Suara.com - Usai penampilan perdananya di Pengadilan Distrik Tokyo (8/1/2019) kemudian ambruk karena sakit (9/1/2019), dan pengacara menyatakan penanganan kasus Carlos Ghosn bakal berjalan sampai enam bulan ke depan, pemerintah Perancis berseru.

Lewat Bruno Le Maire, Menteri Keuangan Perancis, pemerintah negara ini melayangkan permintaan serius. Yaitu menggelar rapat untuk menentukan pengganti pimpinan dan kepala eksekutif Renault, yang selama ini dipegang Carlos Ghosn.

"Kita mesti pindah ke fase baru," demikian dipaparkan Bruno Le Maire, seperti dikutip kantor berita Antara dari Reuters.

Dan, lewat sebuah wawancara yang ditayangkan LCI, sebuah stasiun televisi Prancis, Menteri Keuangan Perancis itu membenarkan bahwa pemerintah selaku pemegang saham terbesar Renault, menginginkan kepemimpinan baru di tubuh perusahaan yang sebelumnya dipimpin Carlos Ghosn.

Menurut sebuah sumber sebagaimana dikutip dari Reuters, Jean-Dominique Senard, Chief Executive Officer (CEO) dari perusahaan ban Michelin diperkirakan menjadi kandidat pengganti posisi Carlos Ghosn di Renault.

Senada Thierry Bollore, CEO sementara Renault yang tengah menggantikan kedudukan lelaki Lebanon kelahiran Brasil 64 tahun silam itu. Ia juga difavoritkan sebagai salah satu kandidat pengganti.

Sementara dua kandidat lain diperkirakan adalah Didier Leroy, eksekutif senior Toyota, serta Philippe Guillemot, pimpinan Elior Group.

Kemungkinan, Renault akan mengelar pertemuan seluruh dewan pada pekan depan (20/1/2019) bersama pemimpin sementaranya, Philippe Lagayette, untuk membicarakan permintaan pemerintah ini.

Sebagai pengingat kembali, pimpinan Renault, Carlos Ghosn, bersama salah satu anak buahnya, Greg Kelly, telah didakwa pengadilan Jepang atas pelaporan keuangan yang telah diperkecil, serta pemindahan kerugian pribadi kepada Nissan.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS