Soal Pemasaran Xpander dan Avanza: Siapakah yang Lebih Unggul ?

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Soal Pemasaran Xpander dan Avanza: Siapakah yang Lebih Unggul ?
Logo pada buritan Mitsubishi Xpander [Suara.com/manuel Jeghesta Nainggolan].

Meski "bertarung" di spesifikasi berbeda, perolehan tertinggi tetaplah membanggakan.

Suara.com - Persaingan mobil keluarga di kelas Low Multi-Purpose Vehicle ( LMPV ) semakin memanas sepanjang 2018. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander berhasil memuncaki penjualan.

Tercatat, Toyota Avanza berhasil memuncaki penjualan dengan melepas 82.169 unit kendaraan. Sedangkan Xpander mencatatkan angka penjualan sebanyak 75.075 unit.

Meski begitu, Irwan Kuncoro, Director of Sales and Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengungkapkan, bahwa persaingan yang ada tidaklah bisa dibilang sama. Sebab Xpander dan Avanza memliki tipe yang berbeda.

"Persaingan Xpander dan Avanza tidak berada di spesifikasi yang sama. Avanza memiliki tipe 1.3 (1.300 cc), sementara Xpander hanya memiliki tipe 1.5 (1.500 cc)," ujar Irwan Kuncoro, saat dijumpai dalam acara seremoni peresmian dealer Mitsubishi, di kawasan Sudirman, Jakarta.

Irwan Kuncoro menambahkan, bahwa tipe 1.5 lebih mengarah kepada kelas middle high. Dan tipe ini paling mendominasi penjualan di segmen LMPV.

Sementara itu, Budi Daulay, Head of Sales and Marketing Region 1 Department PT MMKSI, menegaskan, secara market share, jenis 1.5 produk Mitsubishi menguasai lebih dari 40 persen market. Namun memang saat ini produk 1.3 dari kompetitior banyak menyasar segmen fleet.

Mitsubishi Xpander tampil di dealer terbaru, kawasan Sudirman [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].
Mitsubishi Xpander tampil di dealer terbaru, kawasan Sudirman [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

"Ke depannya, kami juga coba menyasar sektor ini sebagai salah satu strategi," terang Budi Daulay.

Tercatat, varian terlaris dari Toyota Avanza disumbang oleh tipe G bermesin 1.300 cc, dan transmisi manual. Angka penjualannya mencapai 35.021 unit. Sedangkan varian terlaris Mitsubishi Xpander disumbang tipe Ultimate transmisi matik dengan perolehan 36.062 unit.

Meski tidak bersaing dalam kelas atau spesifikasi sama, namun raihan penjualan yang didapatkan Mitsubishi Xpander tak bisa dikesampingkan. Terus gas pol!

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS