Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar Naik, Penjualan Isuzu Positif

RR Ukirsari Manggalani
Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar Naik, Penjualan Isuzu Positif
Isuzu D-Max. Sebagai ilustrasi [Suara.com/Insan Krisnamusi].

Catatan pabrikan ini positif, pertanda Isuzu Panther atau D-Max baru segera meluncur?

Suara.com - Attias Asril, General Manager Marketing Division PT Isuzu Astra Motor Indonesia, menyatakan bahwa sepanjang 2018, industri otomotif nasional mengalami pertumbuhan yang sangat baik. Dari pihaknya sendiri, Isuzu, mengalami kenaikan penjualan sebesar 26 persen atau terjual lebih dari 25.286 unit dibandingkan tahun sebelumnya.  

"Hal ini disebabkan karena nilai tukar Rupiah terhadap dolar yang naik, sehingga memberikan dampak pada penjualan. Namun, kami masih bisa meraih capaian positif," kata Attias Asril di Jakarta, Kamis (24/1/2019), seperti dikutip dari kantor berita Antara.

Disebutkannya bahwa segmen mobil komersial seperti Isuzu Elf menyumbangkan hasil positif dengan terjual sebanyak kurang lebih 14.966 unit, atau mengalami kenaikan sebesar 18,6 persen, diikuti Isuzu Giga yang menapak naik sebesar 29,1 persen, dengan penjualan mencapai 4.212 unit. Ditambah lagi, satu kendaraan penumpang Isuzu mu-X yang naik 3,5 persen atau terjual sebanyak 737 unit.

Namun, meski mengalami penjualan yang bagus pada tahun lalu, Isuzu juga memaparkan ada produk mengalami penurunan penjualan dari tahun sebelumnya.

Semisal di kelas penumpang atau passenger car, yaitu Isuzu Panther, dari 1.147 unit menjadi 950. Atau mengalami penurunan sebesar 17,2 persen. Isuzu D-Max, dari 1.291 unit ke 528 unit, alias turun 59,1 persen. Dan Isuzu pikap yang turun sembilan persen dari 1.239 unit menjadi 1.128 unit.

"Kami akan melakukan beberapa strategi agar target penjualan sepanjang 2019 mampu mencapai target yang sudah ditentukan. Salah satunya adalah memperkenalkan beberapa model terbaru," tutup Attias Asril.

Apakah hal ini pertanda bahwa beberapa andalan Isuzu, seperti panther dan D-Max bakal tampil gres pada 2019?

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS