Sukses Jelajah Jawa dan Sumatera, BLITS Menapak Kalimantan

RR Ukirsari Manggalani
Sukses Jelajah Jawa dan Sumatera, BLITS Menapak Kalimantan
Senior Manajer Niaga dan Pelayanan Pelanggan PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Kalbar Parulian Noviandri (kedua kanan) bersama Senior Manajer SDM dan Umum PLN UIW Kalbar Ordaia Arqam Nja' Oemar (kiri) dan Wakil Walikota Pontianak Bahasan (kanan) berfoto di sebelah Mobil Listrik Blits Explore Indonesia di Kantor PLN Wilayah Kalbar, Selasa (12/2/2019). Mobil listrik hasil kolaborasi Universitas Budi Luhur dan Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya ini akan menjelajahi Kalbar dengan rute dari Pontianak - Tayan- Balai Bekuak- Sandai- Nanga Tayap hingga lanjut ke daerah yang berbatasan dengan Kalteng [ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang].

Prototipe kendaraan listrik R4 anak negeri, BLITS serta Kasuari telah tiba di Ketapang, Kalbar.

Suara.com - Kendaraan roda empat (R4) hasil kolaborasi dua perguruan tinggi, Budi Luhur, Jakarta, serta Institut Teknologi 10 November Surabaya, BLITS dan Kasuari, berada dalam rombongan mobil listrik PLN-ITS Explore Indonesia yang bertujuan mengujicoba keandalannya dengan menjelajah seluruh Nusantara. Jarak tempuh total nantinya, diperkirakan tak kurang dari 10.000 km.

Dikutip dari kantor berita Antara, rombongan mobil listrik PLN-ITS Explore Indonesia saat ini telah menjejak Kalimantan, setelah menyelesaikan etape Sumatera beberapa saat lalu.

BLITS serta Kasuari sampai di Kecamatan Sandai, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, Kamis (14/2/2019) setelah menempuh perjalanan sekitar 307 km  dari Kota Pontianak, lokasi di mana rombongan memulai eksplorasi jelajah Kalimantan pada Rabu (13/2/2019).

Agus Mukhlisin, Ketua Tim PLN-ITS Explore Kalimantan, mengatakan kegiatan jelajah BLITS dan Kasuari menjadi bagian pengenalan mobil listrik kepada masyarakat.

Dalam perjalanan menuju Sandai, pengisian daya BLITS dan Kasuari dilakukan di Tayan, Sanggau - Balai Bekuak, dan bersamaan dengan kedatangan rombongan jelajah ini dilaksanakan peresmian Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) di PLN ULP Sandai.

"Kemajuan teknologi dan inovasi adalah bagian dari perubahan. PLN akan terus mendukung karya anak bangsa seperti mobil listrik PLN-ITS tadi," papar Wilfrid S. P Siregar, Manager PLN UP3 Ketapang.

Ia melanjutkan bahwa sudah saatnya anak bangsa bisa menciptakan karya dan memanfaatkan peluang bisnis.

“Saya sudah banyak berbicara dengan para pelaku industri otomotif yang memberikan apresiasi kepada kami. Harapannya, kelak kendaraan-kendaraan ini bisa diproduksi secara massal," tutupnya.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS