Bersejarah, Mobil Ini Saksi Bisu Saat-saat Terakhir Presiden Soekarno

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal
Bersejarah, Mobil Ini Saksi Bisu Saat-saat Terakhir Presiden Soekarno
Dua Proklamator RI Sukarno-Hatta jadi gambar mata uang kertas Rp100 ribu. (Setkab.go.id)

Setiap mobil selalu mempunyai kisahnya tersendiri, baik suka maupun duka. Begitu juga mobil kepresidenan milik presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno.

Suara.com - Setiap kendaraan baik motor ataupun mobil selalu mempunyai kenangan tersendiri. Begitu juga mobil kepresidenan yang digunakan sebagai kendaraan dinas oleh presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno. Mobil ini begitu setia mengantar sang proklamator dalam kesibukannya sebagai presiden pertama Republik Indonesia.

Bahkan mobil inilah yang menjadi saksi bisu saat-saat akhir dari Presiden Soekarno. Seperti yang diketahui, kesehatan Soekarno memburuk menjelang berakhirnya masa jabatan dari presiden tersebut. Mulai sakit-sakitan, mobil ini setia mengantarkan Presiden Soekarno ke Rumah Sakit St. Carolus.

Potret mobil yang menjadi saksi bisu saat-saat terakhir Presiden Soekarno. (Facebook/Danang Prasetyo)
Potret mobil yang menjadi saksi bisu saat-saat terakhir Presiden Soekarno. (Facebook/Danang Prasetyo)

Potret tersebut kabarnya diambil setelah peristiwa G30S. Waktu itu, kesehatan Bung Karno terus memburuk, membuatnya harus rutin cuci darah ke rumah sakit tersebut. Tak lupa Detasemen Kawal Pribadi setia mengawal presiden pertama terebut.

Jenis dari mobil tersebut adalah Cadillac Series 62, kabarnya mobil ini hanya didatangkan sebanyak dua unit pada tahun 1964. Salah satunya kini berada di garasi milik seorang kolektor di Jakarta.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS