Nekat Pasang Busi Berbeda Dimensi, Begini Jadinya ...

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Nekat Pasang Busi Berbeda Dimensi, Begini Jadinya ...
Ilustrasi busi sepeda motor [Shutterstock].

Busi motor memiliki dimensi panjang dan ulir berbeda-beda. Motor bermasalah mungkin ini penyebabnya.

Suara.com - Busi alias spark plug menjadi salah satu komponen penting bagi kendaraan, termasuk kendaraan roda dua (R2) atau sepeda motor. Peranti ini berfungsi mengirimkan arus listrik dari sistem pengapian ke ruang pembakaran. Namun sayangnya, selama ini masih banyak masyarakat yang salah kaprah dalam penggunaan busi motor.

Menurut Felix Ferdinand, Sales and Marketing Manager PT NGK Busi Indonesia, spesifikasi busi pada sepeda motor berbeda-beda. Sehingga tidak bisa dipasang sembarangan.

"Dari dimensi panjang dan ulir berbeda. Walaupun bila dipaksakan tetap bisa masuk, namun sebenarnya belum tentu cocok," ujar Felix Ferdinand di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Busi baru dan usang sebagai perbandingan [Shutterstock].
Busi baru dan usang sebagai perbandingan [Shutterstock].

Felix Ferdinand menambahkan, NGK sebenarnya sudah melakukan riset dalam beberapa tahun terakhir. Banyak penyalahgunaan yang dilakukan oleh konsumen.

"Banyak yang dipaksakan, karena sebenarnya berbeda dan tidak proper di dalam mesin," ungkapnya.

Terakhir kata Felix Ferdinand, tanpa disadari sebenarnya hal itu memiliki dampak buruk terhadap sepeda motor. Hanya, pengguna tidak sadar akan hal ini.

"Motor bisa lebih boros bahan bakar dan tidak bertenaga. Karena pengapian pada motor tidak sempurna," jelas Felix Ferdinand tentang dampak dari salah dimensi dan ulir dari busi motor.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS