Sah, Orang yang Naik Motor Sambil Merokok Bakal Kena Denda

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal
Sah, Orang yang Naik Motor Sambil Merokok Bakal Kena Denda
Tidak ada batas aman dalam merokok. (Shutterstock)

Kabar baik bagi pengendara yang jengah terhadap pemotor yang merokok saat berkendara.

Suara.com - Kabar buruk datang untuk para pengendara arogan yang suka merokok sambil berkendara. Hal itu dikarenakan Menteri Perhubungan melalui Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 12 tahun 2019 dengan tegas menyatakan bahwa merokok saat naik motor itu dilarang.

Tak hanya dilarang, bagi yang nekat melanggar, denda sebesar Rp.750.000 bakal setia mengintai. Aturan ini dikeluarkan untuk menimbulkan efek jera, lantaran banyaknya komplain dari sesama pengendara yang terganggu dengan asap/bara api dari rokok tersebut.

Ilustrasi Motor. (pexels.com/Brett Sayles)
Ilustrasi Motor. (pexels.com/Brett Sayles)

Aturan menteri yang belum lama disahkan ini menjadi landasan hukum valid untuk memperkarakan para pemotor, spesifik dinyatakan dalam pasal 6 pada peraturan tersebut yang berbunyi ''Pengemudi dilarang merokok dan melakukan aktifitas lain yang mengganggu konsentrasi ketika sedang mengendarai sepeda motor''.

Ilustrasi Merokok di Dalam Mobil. (SOTT)
Ilustrasi Merokok di Dalam Mobil. (SOTT)

Namun hal tersebut tentu menimbulkan polemik lain. Hal ini dikarenakan tak sedikit juga para pengemudi mobil yang juga merokok saat mengemudi. Dengan jendela terbuka, bukan tidak mungkin bahwa asap/bara api rokok tersebut bisa terbawa angin dan mengenai pengendara lain, seperti yang terjadi pada pemotor yang merokok.

Walaupun demikian, aturan ini tentu menjadi kabar baik bagi mereka yang anti asap/bara api rokok, khususnya mereka yang pernah menjadi korban.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS