Meski Awalnya Impor, Kelak Suzuki Ingin Produksi Jimny Secara Lokal

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Meski Awalnya Impor, Kelak Suzuki Ingin Produksi Jimny Secara Lokal
Haluan alias tampak depan yang sungguh keren dari Suzuki Jimny 2019 [Suara.com/ukirsari].

Suzuki berkeinginan melokalkan produksi Jimny dan melobi agar kelak dibuat di Tanah Air.

Suara.com - Rencana PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memasarkan Jimny secara langsung di Indonesia akan segera terjawab Juli mendatang. Namun untuk tahap awal, mobil ikonik ini masih harus diimpor dari Jepang.

Suzuki Jimny generasi baru, muncul di GIIAS 2018, Tangerang, Banten [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].
Suzuki Jimny generasi baru, muncul di GIIAS 2018, Tangerang, Banten [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Kendati demikian, Donny Saputra, Direktur Pemasaran Four Wheels (4W) PT SIS mengatakan, pihaknya masih memiliki keinginan merakit Suzuki Jimny secara lokal.

"Jadi sudah disampaikan Presdir kami. Keinginan kami ya melokalkan produk. Kami sedang usaha ke sana (prinsipal). Jadi ini momen untuk meyakinkan prinsipal bahwa market Jimny di Indonesia sangat banyak," kata Donny Saputra.

Ditanyai apakah dengan merakit Jimny secara lokal akan ada kemungkinan harga turun? Donny Saputra pun menjelaskan akan banyak variabel jika tunggangan ikonik yang masuk kategori Sport Utility Vehicle (SUV) ini dirakit secara lokal.

Semisal ada wacana merevisi PP 41 terkait masalah PPnBM. Hal ini pasti efeknya akan banyak. Kalau sebelumnya model 4x4 bisa dikenai pajak 30 persen, akan tetapi bila PP direvisi mungkin bisa mendapatkan harga lebih murah.

"Apalagi kalau nanti bisa lakukan lokalisasi. Terus impor duty yang biasamya harus dibayar jadinya kami tidak bayar," terang Donny Saputra.

Selain itu, tambah Donny Saputra, delivery cost tentu tidak lagi ditanggung perusahaan.

"Harapan kami nanti banyak pilihan, apakah nanti akan lari ke pengurangan harga, atau ke penambahan fitur dan sebagainya," tutup Donny Saputra.

Sebelumnya, PT SIS sudah memberi bocoran bila Suzuki Jimny siap melantai di ajang GIIAS 2019. Namun untuk urusan harga, produsen otomotif asal Jepang ini belum mau memberikan komentar.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS