Bila Mesti Mudik Naik Motor, Ini Tips Agar Aman dan Nyaman

RR Ukirsari Manggalani
Bila Mesti Mudik Naik Motor, Ini Tips Agar Aman dan Nyaman
Sejumlah pemudik dengan sepeda motor melintas di jalur pantura, Cirebon, Jawa Barat, Kamis (30/5/2019) [ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan]

Meski angkutan gratis Lebaran 2019 menyertakan fasilitas pengiriman motor, ada pemudik ingin mengaspal langsung. Ini tipsnya.

Suara.com - Kemeriahan acara Mudik Lebaran 2019 atau Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah menggunakan kendaraan pribadi terus berlangsung. Para pemudik atau mudikers berkendaraan pribadi memilih moda transportasi berupa mobil atau motor kesayangan. Meski untuk roda dua, banyak pihak menyediakan layanan mudik gratis yang menyediakan angkutan bagi motor secara cuma-cuma.

Meme mudik di Instagram yang dinilai lucu dan menyebar viral. [Instagram/berita_polisi_ terkini]
Meme mudik di Instagram yang dinilai lucu dan menyebar viral. [Instagram/berita_polisi_ terkini]

Dikutip dari kantor berita Antara, Kepala Pos Pengamanan Simpang BCP, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Suryono berbagi tips yang dipaparkannya awal pekan ini di Bekasi (3/6/2019).

Menurutnya, hal terpenting adalah si pemudik atau mudikers bermotor paham kapasitas motor, serta memperhatikan kondisi si kendaraan dan penunggangnya sendiri.

Berikut tips lengkapnya:

1. Gunakan sepeda motor dengan baik

Berkendara di tengah arus mudik yang cenderung padat dan ramai harus ekstra waspada dan hati-hati agar tidak terkendala saat melaju di perjalanan. Jangan mengebut dan menyalahi aturan lalu lintas agar keselamatan terjamin. dan motor tidak terkena masalah selama berkendara.

2. Perhatikan kapasitas penumpang

Melakukan perjalanan mudik menggunakan sepeda motor sendirian saja sering menyebabkan tubuh mudah lelah. Apalagi jika berkendara dengan satu atau dua penumpang. Hal ini bisa membahayakan keselamatan diri sendiri dan penumpang. Karena itu, sesuaikan jumlah penumpang sesuai kapasitas.

3. Tidak membawa banyak barang

Rasanya tidak afdol bila bepergian mudik tanpa memberikan buah tangan atau oleh-oleh ke kampung halaman. Namun jangan sampai mengabaikan keselamatan hanya karena ingin membawa banyak barang bawaan. Pilih terlebih dahulu barang bawaan yang benar-benar diperlukan atau akan dibagikan untuk keluarga.

4. Perhatikan kondisi sepeda motor dan pengendara

Kondisi kesehatan pengendara dan sepeda motor juga perlu diperhatikan agar tidak menemui masalah kesehatan atau kerusakan sepeda motor selama berkendara. Lakukan preparasi atas motor, dan gunakan peranti standar keselamatan bermotor seperti helm, masker, jaket, dan sarung tangan.

5. Lengkapi surat-surat berkendara

Periksa dan lengkapi surat-surat berkendara yang perlu dibawa sebelum melakukan perjalanan, agar tidak terkena tilang saat di jalan. Terpenting adalah Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS