Antisipasi Arus Balik 2019, Bandara Soetta Tambah Parkir Mobil

RR Ukirsari Manggalani
Antisipasi Arus Balik 2019, Bandara Soetta Tambah Parkir Mobil
Ilustrasi mobil-mobil diparkir [Shutterstock].

Apakah Anda pemudik dengan angkutan udara? Pihak bandara Soekarno - Hatta atau Soetta lakukan ini.

Suara.com - Mudik Lebaran 2019 atau Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah telah berakhir dan kini memasuki kondisi arus balik mudik. Angkutan udara, laut, serta darat kini beroperasi ke arah berlawanan dari pengantaran penumpang sebelumnya. Khusus untuk angkutan darat, juga melibatkan kendaraan atau mobil pribadi. Sebutlah misalnya tunggangan-tunggangan yang siap menjemput mudikers atau pemudik di bandara Soekartno - Hatta.

Suasana Terminal 3 Bandara Soekarno - Hatta pada H-1 jelang Lebaran, Selasa (4/6/2019). (Suara.com/Firsta Nodia)
Suasana Terminal 3 Bandara Soekarno - Hatta pada H-1 jelang Lebaran, Selasa (4/6/2019). [Suara.com/Firsta Nodia].

Dikutip dari kantor berita Antara, puncak arus balik Lebaran di Bandara Soekarno - Hatta, Tangerang, Banten diprediksi akan terjadi pada Sabtu (8/6/2019) dan Minggu (9/9/2019). Dengan jumlah penumpang kurun H-7 hingga H-1 tercatat sebanyak 1.206.253 penumpang, dan jumlah pesawat yang di saat itu mencapai 9.000 pesawat dengan rata-rata setiap hari sebanyak seribu penerbangan.

Sebagai langkah antisipasi, pihak pengelola Bandara Internasional Soekarno - Hatta menambah fasilitas area parkir jelang arus balik Mudik Lebaran 2019.

Chairul, Chief of Officer Incharge Bandara Soekarno - Hatta menyatakan bahwa penambahan area parkir ini untuk mengantisipasi adanya keluarga yang menjemput, demikian dikutip dari kantor Antara, pada Jumat (7/6/2019).

Selain itu sebagai langkah antisipasi pula akan terjadinya kedatangan penumpang di waktu yang bersamaan, sehingga tidak terjadi kemacetan di area kawasan bandara ini.

"Area parkir sudah kami tambah demi kelancaran saat arus balik nanti. Jadi, tak ada lagi kendaraan yang parkir sembarangan saat menjemput, sebab sudah tersedia semuanya," paparnya.

Terkait pengamanan, Chairul menuturkan jika kondisi saat ini masih ditetapkan Siaga 1 pasca pengumuman hasil Pemilihan Umum. Sehingga, pengamanan di Bandara Soekarno - Hatta melibatkan unsur Kepolisian dan TNI dengan total mencapai 3.000 personel gabungan.

Selain itu, bandara dilengkapi 2.200 CCTV yang berfungsi untuk melakukan pengawasan terhadap tindak kejahatan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS