Ayo, Kembalikan Kondisi Mantap Mobil Usai Perjalanan Panjang

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Ayo, Kembalikan Kondisi Mantap Mobil Usai Perjalanan Panjang
Ilustrasi bengkel mobil. [Shutterstock]

Usai Lebaran, mudik dan balik, kini saatnya menyehatkan kembali tunggangan kesayangan.

Suara.com - Momen libur panjang telah selesai. Masyarakat Indonesia kembali melakukan rutinitas masing-masing dengan beragam sarana transportasi, khususnya mobil.

Arus balik mudik Lebaran 2019. Kendaraan pemudik terjebak kemacetan saat melintas di ruas jalan tol Cikopo - Palimanan KM 80, Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (8/6/2019). [Antara/M Ibnu Chazar]
Arus balik mudik Lebaran 2019. Kendaraan pemudik terjebak kemacetan saat melintas di ruas jalan tol Cikopo - Palimanan KM 80, Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (8/6/2019). Sebagai ilustrasi  [ANTARA/M Ibnu Chazar]

Bagaimanakah cara memastikan mobil berada dalam kondisi prima untuk kembali memulai rutinitas?

Mari simak saran Bambang Supriyadi, Product Improvement Department Head PT Astra Daihatsu Motor. Ia berbagi sedikit tips menjaga mobil tetap prima.

Kuncinya adalah melakukan pengecekan, dengan pendampingan dari bengkel kesayangan. Adapun item yang diprioritaskan adalah:

1. Oli

Kendaraan yang digunakan untuk jarak jauh dan waktu yang lebih lama dari biasanya, bakal mengalami kenaikan suhu mesin untuk jangka lama secara terus-menerus. Hal ini membuat kekentalan oli dan volume-nya berkurang. Pastikan tidak terdapat kebocoran dengan melihat adanya rembesan oli.

2. Kaki-kaki

Kondisi serta medan jalan yang bervariasi, memaksa komponen ini bekerja ekstra dalam menopang bodi kendaraan. Pastikan memeriksa kondisi shock-absorber, lower-arm, dan jangan lupa periksa keausan ban beserta tekanan angin.

3. Rem

Perjalanan panjang dan macet dalam waktu lama, memberikan beban pada sektor pengereman. Bagian ini bekerja lebih keras. Pastikan ketebalan kampas rem masih dalam keadaan yang baik. Anda bisa mengganti komponen ini apabila memang sudah mencapai batas maksimal, dan jangan lupa untuk mengisi minyak rem apabila berkurang dari takaran yang seharusnya sesuai rekomendasi dari pabrik.

4. Filter bahan bakar

Selama perjalanan mudik, kadang Anda terpaksa mengisi bahan bakar tidak sesuai dengan oktan yang direkomendasikan karena ketersediaan bahan bakar di area tertentu. Pastikan mengecek filter bahan bakar, dan bisa menggantinya untuk meminimalkan kotoran yang masuk ke dalam komponen ruang bakar.

5. Interior dan filter AC

Pastikan interior kendaraan bersih dari sisa makanan dan minuman di dalam kabin.

Lakukan pembersihan secara menyeluruh mulai dari kabin hingga bagasi agar tak tercium aroma tidak sedap dan terhindar dari masuknya serangga ke dalam kabin. Jangan lupa bersihkan saringan udara AC.

"Pelanggan bisa menjaga kendaraan agar tetap dalam kondisi prima setelah digunakan dalam perjalanan panjang," ujar Bambang Supriyadi.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS