Sah! RI-2 Resmi Buka GIIAS 2019

RR Ukirsari Manggalani | Tivan Rahmat
Sah! RI-2 Resmi Buka GIIAS 2019
Wakil Presiden atau RI-2 Jusuf Kalla membuka GIIAS 2019 secara resmi, tengah berkunjung ke salah satu booth exhibitor [Suara.com/Tivan Rahmat].

Menuju masa depan yang rendah emisi, Jusuf Kalla juga ungkap sejarah otomotif Tanah Air.

Suara.com - Pameran otomotif terbesar di Tanah Air, GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 resmi dibuka oleh Wakil Presiden Indonesia Muhammad Jusuf Kalla pada hari ini, Kamis (18/7/2019) di ICE BSD, Tangerang Selatan.

Di gerai Astra Finance, GIIAS 2019, Dian Sastrowardojo muncul sebagai MC [Suara.com/ukirsari].
Di gerai Astra Finance, GIIAS 2019, Dian Sastrowardojo muncul sebagai MC [Suara.com/ukirsari].

Mengusung tema Future in Motion, Jusuf Kalla berharap agar GIIAS 2019 mampu mengembangkan industri otomotif dengan teknologi mutakhir.

"Saya mengikuti perkembangan otomotif Indonesia. Karena ini dunia saya sejak 50 tahun lalu. Jadi bersamaan dengan GAIKINDO juga (usia 50 tahun). Apalagi kalau temanya Future Emotion, artinya dinamika industri mobil ke depan,"ujarnya saat membuka GIIAS 2019.

Meski begitu, orang nomor dua di Indonesia ini berpesan agar masyarakat Indonesia tidak melupakan sejarah otomotif di Nusantara.

"Tapi perlu juga mengetahui sejarah industri indonesia. Ini sudah ada sebelum perang. Sudah ada pabrik General Motor di Tanjung Priok. Setelah 1960, mobil Amerika jarang masuk karena berbagai hal, maka tahun 1960 dipakai Astra untuk Toyota assembling. Masuk CKD (Completely Knock Down). Dengan lokal komponen yang terus berkembang," tandasnya.

Sebagai informasi, GIIAS 2019 dihelat pada 18-28 Juli 2019 dan diikuti oleh 20 merek kendaraan penumpang, 10 merek kendaraan komersial dan karoseri, 12 merek sepeda motor, serta total lebih dari 300 merek dari industri pendukung otomotif.

Brand kendaraan yang berpartisipasi antara lain Audi, BMW, Chevrolet, Daihatsu, Datsun, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, Lexus, Mercedes Benz, MINI, Mitsubishi, Nissan, Suzuki, Toyota, VW, dan Wuling untuk kendaraan penumpang.

Sementara dari mobil niaga atau komersial, antara lain ada FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, dan UD Truck.

Lantas sektor roda dua atau motor, hadir sebagai partisipan adalah Benelli, Honda, Kawasaki, Kymco, Piaggio, Suzuki, dan Viar.

Selain itu, puluhan mobil baru yang siap mengaspal tahun ini, antara lain adalah Toyota GR Supra, Mitsubishi New Outlander PHEV, Mitsubishi Eclipse Cross, dan beberapa kendaraan konsep lainnya yang ramah lingkungan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS