Ganja Ditemukan di Rumah Jefri Nichol, Bagaimana Bila Ada di Mobil?

RR Ukirsari Manggalani
Ganja Ditemukan di Rumah Jefri Nichol, Bagaimana Bila Ada di Mobil?
Jefri Nichol [Suara.com/Sumarni]

Aktor Jefri Nichol diberitakan simpan ganja di rumah. Ini tinjauan sanksi hukum bila benda itu di mobil, bahkan di Kanada yang melegalkannya.

Suara.com - Aktor Jefri Nichol yang membintangi film Dear Nathan dan Hit and Run, serta tengah menyiapkan peran sebagai petinju Ellyas Pical ditangkap Polisi. Diketahui dari kediamannya ditemukan barang bukti narkoba jenis ganja dengan bobot lebih dari 6 gr.

Negara Kanada. (Shutterstock)
Negara Kanada.  Sebagai ilustrasi negara dengan aturan khusus soal kepemilikan ganja(Shutterstock)

Dari sudut pandang dunia otomotif, kasus menyimpan narkoba, termasuk ganja, bisa saja dilakukan di mobil. Berikut adalah uraian sanksi hukum yang berlaku sebagai pengguna jalan raya di luar negeri, bila kedapatan mengonsumsi dan atau membawa ganja. Contohnya dari pemerintah Amerika Serikat dan Kanada. Sebagaimana diketahui, Kanada melegalkan ganja.

National Conference of State Legislatures atau NSCL, yaitu badan pengaturan legislatif Amerika Serikat lewat laman resminya menyatakan bahwa legalisasi ganja untuk kebutuhan rekreasi dan pengobatan di beberapa negara menimbulkan pertanyaan khusus akan hal kepemilikan ganja di dalam mobil serta penggunaannya saat mengemudi.

Sehingga dibutuhkan undang-undang per negara bagian di Amerika Serikat yang membatasi konsumsi saat berada dalam kabin kendaraan bermotor. Beberapa sanksi diberlakukan di negara-negara bagian Amerika Serikat, antara lain di California, Colorado, Illionis, Minnesota, Vermont, dan Washington.

Beberapa butir aturan bisa dicontohkan, seperti yang diterapkan di Washington, berdasarkan R.C.W. 46.61.745. Contohnya: memiliki atau mengonsumsi ganja dalam kendaraan adalah bentuk pelanggaran lalu lintas.

Selanjutnya, bagi mereka dengan nama terdaftar sebagai pemilik kendaraan bermotor (STNK), pengemudi dan penumpangnya dinyatakan bersalah bila menyimpan ganja di dalam kendaraan bermotor dan si kendaraan berada di jalan raya. Pengecualian antara lain, benda ditempatkan di beberapa area kendaraan yang biasanya tidak ditempati atau bisa diakses langsung oleh pengemudi atau penumpang, jika kendaraan tidak memiliki bagasi. Atau benda berada dalam paket, maupun wadah yang belum dibuka. Sehingga segelnya tidak rusak atau isinya sudah tidak ada sebagian.

Sementara di Newfoundland dan Labrador, bagian dari Kanada, juga ada kasus pengemudi didenda oleh polisi karena di mobilnya kedapatan ganja.

Dikutip dari CBS, kejadian tercatat pada 2018, di Burin Peninsula, bahwa sepasang lelaki dan perempuan asal Marystown, berusia 21 dan 20 tahun didakwa berdasarkan Cannabis Control Act atas kepemilikan ganja dalam wadah tidak disegel dengan benar, yang ditempatkan dalam mobil. Berdasarkan rilis dari kepolisian Royal Canadian Mounted Police (RCMP), kejadian itu adalah salah satu kasus pertama dari jenis menyimpan ganja di mobil untuk wilayah Newfoundland dan Labrador.

Menurut hukum setempat, ganja harus ditempatkan dalam kemasan aslinya, dengan segel yang tidak robek sehingga bisa memenuhi peraturan diizinkan berada atau dibawa dalam mobil.

Cannabis Control Act menerapkan aturan, "Seseorang tidak boleh mengemudi atau menjalankan kendaraan atau perahu, bergerak maupun tidak, bila dalam wahana angkut itu terdapat ganja. Kecuali barang ini dimiliki oleh penumpang yang diangkut dalam bus atau taksi."

Sehingga bisa digarisbawahi, seperti dikutip dari CBS, bahwa Anda tidak diperbolehkan merokok atau mengonsumsi ganja di dalam mobil, bus, atau taksi, terlepas dari kondisi sedang diam atau melaju.

Dan lebih luasnya lagi, jangan simpan narkoba dalam kendaraan bila ingin menjadi pengguna jalan raya yang taat peraturan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS