Dari Kabin Proton Persona, Presiden Joko Widodo Nge-Vlog

RR Ukirsari Manggalani
Dari Kabin Proton Persona, Presiden Joko Widodo Nge-Vlog
Presiden Joko Widodo (Jokowi) [Suara.com/M. Yasir].

Dr M menyetir sendiri dan Presiden Joko Widodo duduk di jok penumpang depan. Hasilnya adalah vlog.

Suara.com - Dua petinggi negara bermobil bersama, mungkin sudah biasa. Namun disetiri sang tuan rumah lantas diabadikan dalam bentuk vlog, di situlah kerennya.

Inilah pengalaman Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat bertandang ke Malaysia menjelang akhir pekan kemarin (9/8/2019). Usai melakukan pertemuan bilateral di Perdana Putra Building, Putra Jaya, Perdana Menteri Malaysia, Dr Mahathir Mohamad atau biasa disebut Dr M mengajaknya semobil menuju Dining Hall, Seri Perdana.

Presiden Joko Widodo nge-vlog bersama Dr Mahathir Mohamad [Instagram: jokowi].
Presiden Joko Widodo nge-vlog bersama Dr Mahathir Mohamad [Instagram: jokowi].

Alhasil, Dr M menyetir sendiri, sementara Presiden Joko Widodo duduk di depan. Seluruhnya diabadikan dalam vlog yang diberi tagar #JKWVLOG dan berjudul "Numpang Mobil PM Mahathir".

Bagi Presiden Joko Widodo, disopiri langsung Dr M adalah sebuah kehormatan. Meskipun pengalaman ini sendiri bukanlah yang perdana, mengingat lebih dari empat tahun silam beliau pernah mendapat kesempatan serupa, saat test drive Proton, dengan kecepatan mencapai 180 km per jam.

"Beliau setir sendiri. Ngebut juga. Pemimpin senior yang masih enerjik, kerja keras, dari pagi, siang, dan malam. Dan masih setir mobil sendiri," demikian Presiden Joko Widodo mengomentari kerennya Dr M dengan kebiasaan mengemudi sendiri dalam vlog.

Yang disambut dengan senyuman Dr M, serta lambaian tangan, sebelum kembali disibukkan dengan aktivitas menyetir.

Komentar Presiden Joko Widodo atas keandalan Dr M [Instagram: jokowi].
Komentar Presiden Joko Widodo atas keandalan Dr M [Instagram: jokowi].

Adapun mobil yang digunakan adalah Proton Persona berwarna merah. Versi terbaru atau penyegaran alias facelift dari mobil ini, seperti dikutip dari Paultan, baru saja meluncur di akhir April 2019. Tersedia dalam versi Standard bertransmisi manual seharga 42.600 Ringgit Malaysia (RM) atau sekitar Rp 144,8 juta. Lantas Standard dengan CVT senilai 44.600 RM atau Rp 151,2 juta. Executive CVT seharga 49,600 RM (Rp 168,2 juta), dan Premium CVT senilai 54.600 RM (Rp 185,2 juta).

Latar belakang Proton Persona adalah Proton Wira produksi perdana 1993 yang dipasarkan dengan nama Proton Persona untuk pasar otomotif Britania raya. Generasi kedua meluncur pada 2007, dan generasi ketiga pada 2016.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS