Robert Mugabe Wafat, Mobil Ini Temani Sampai Akhir Hayat

RR Ukirsari Manggalani
Robert Mugabe Wafat, Mobil Ini Temani Sampai Akhir Hayat
Presiden Zimbabwe, Robert Mugabe dan Presiden Venezuela Nicolas Maduro di upacara pembukaan Gerakan Non Blok di Porlamar, Venezuela, 17 September 2016 [AFP].

Mobil kesayangan Robert Mugabe mencitrakan masa-masa ia menjabat presiden Zimbabwe.

Suara.com - Wafat di Singapura dalam usia 95 tahun pada hari ini, Jumat (6/9/2019) mantan Presiden Zimbabwe, Robert Mugabe ternyata memiliki sebuah mobil kesayangan yang tak terpisahkan.

Lahir 21 Februari 1924 di Zimbabwe, saat itu negaranya masih bernama Rhodesia Selatan dan berada di bawah protektorat Britania Raya. Pada 1987 menjadi presiden, ia baru lengser pada 21 November 2017 lewat sebuah kudeta militer dan digantikan Emmerson Mnangagwa. Mantan wakil presiden yang ia pecat dua minggu sebelum ia digulingkan.

Mercedes-Benz S600 Guard yang akan menjadi mobil Presiden Jokowi. [daimler.com]
Mercedes-Benz S600 Guard [daimler.com]

Meski disebut sebagai kudeta, buka berarti mantan presiden Robert Mugabe mesti hidup dalam pengasingan. Ia diberi paket purna tugas berupa Mercedes-Benz S600 Pullman Guard yang digunakannya masih menjabat sebagai kepala negara. Demikian seperti dikutip dari Zimbabwe Independent.

Fiturnya tentu saja keren lagi sangat fungsional, mampu memberikan perlindungan paripurna kepada seorang presiden. Seperti anti meledak dan anti peluru. Dan ubahan yang dilakukan saat diserahterimakan hanya sedikit: pelat "ZIM-1" diganti pelat nomor polisi kendaraan sipil "AAX 3270". Saat diserahkan, nilai nominal mobil adalah 1,6 juta dolar Amerika Serikat, atau sekitar Rp 21 juta.

Saat terjadi kudeta militer pada 21 November 2017, Robert Mugabe menjadi tahanan rumah dan dijaga para tentara. Dan sebulan kemudian, presiden baru, Emmerson Mnangagwa, mengumumkan bahwa Robert Mugabe dihadiahi paket pensiun yang terdiri dari rumah lengkap dengan mobil, serta fasilitas penerbangan first class setiap kali bepergian, empat kali setiap tahun. Semuanya menggunakan dana negara.

Tak sekadar janji di mulut, paket pensiun itu diterbitkan resmi dalam pengumuman pemerintah, merujuk pada Undang-Undang Pensiun dan Manfaat Pensiun Presiden yang berlaku secara nasional di Zimbabwe. Hal ini juga mengingat jasanya sebagai presiden pertama Zimbabwe pascakemerdekaan dari Britania Raya.

Seperti diwartakan oleh kantor berita Antara yang mengutip dari BBC, disebutkan bahwa Robert Mugabe wafat karena sakit, ia telah menjalani pengobatan di Singapura selama beberapa tahun terakhir.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS