Bermobil Keliling Bhutan, Jangan Lupa Lokasi Nikahan Seleb dan Suvenir

RR Ukirsari Manggalani
Bermobil Keliling Bhutan, Jangan Lupa Lokasi Nikahan Seleb dan Suvenir
Para remaja putri Bhutan dalam sebuah perhelatan pernikahan di Thimphu [Cherie (IG: never_stop_exploriiing, youtu.be/KS9tb5q3x2o)]

Kisah penutup dari bermobil ke Bhutan. Tempat mampir keren adalah zhong lokasi pernikahan seleb, dan borong suvenir.

Suara.com - Bicara soal Bhutan, Land of The Thunder Dragon atau Druk Yul dalam bahasa setempat, pasti teringatlah pada "Indeks Kebahagiaan" setiap warganya, sampai betapa mahalnya visa atau perizinan untuk berlibur di negara ini.

Seperti telah dituliskan di artikel-artikel sebelumnya, untuk masuk ke Bhutan saya mesti membayar visa dan biaya akomodasi dan transportasi sebesar 200 - 300 dolar Amerika Serikat per hari. Juga harus "dikawal" oleh driver Rinchen, serta pemandu wisata Kindey Duba karena sebagai wisatawan, saya tidak diperkenankan bepergian sendiri. Dan kelengkapan pembiayaan mesti sudah dituntaskan sebelum kita sampai di negara ini.

Namun meski dirasa mahal bagi sebagian pengunjung atau calon turis yang berniat ke Bhutan, negara ini terkenal sebagai lokasi pernikahan pilihan para selebritas atau artis.

Pasti alasannya bisa dimengerti secara mudah. Pertama adalah menyangkut privasi. Kedua, bagi yang ngotot ingin membuntuti sang bintang film pujaan atau si artis ... ya bagaimana bisa direalisasikan bila mesti memiliki modal minimal 300 dolar Amerika Serikat per hari belum termasuk biaya tiket pesawat ke dan dari Paro, lokasi bandara internasional Bhutan.

Pemandu lokal dan driver yang selalu siap buat wisatawan di Bhutan  [Cherie (IG: _never__stop__exploriiing_]
Pemandu lokal dan driver yang selalu siap buat wisatawan di Bhutan [Cherie (IG: never_stop_exploriiing, youtu.be/KS9tb5q3x2o)].

Juga lokasi yang berjauhan antara satu kota dengan yang lainnya, sehingga tidak mungkin bila seseorang bisa atau memutuskan untuk berada di sini hanya satu kali 24 jam saja!

Bicara soal selebritas yang menikah di Bhutan, saya membaca berita bahwa aktor dan aktris Hong Kong, Tony Leung dan Carina Lau, sekian tahun yang lalu. Seremoni dilakukan secara tertutup dan dihadiri beberapa tokoh Kerajaan Bhutan di sebuah kuil, yang tidak diperkenankan mengambil gambar di bagian dalamnya.

Tony Leung dan Carina Lau (tuksedo hitam dan dasi putih, serta gaun putih, kedua dan ketiga dari kiri) di Festival Film Cannes beberapa tahun silam. Keduanya menikah di Bhutan [Shutterstock].
Tony Leung dan Carina Lau (tuksedo hitam dan dasi putih, serta gaun putih, kedua dan ketiga dari kiri) di Festival Film Cannes beberapa tahun silam. Keduanya menikah di Bhutan [Shutterstock].

Namun dasar para jurnalis tak kenal lelah dan mungkin disebabkan kegembiraan anggota keluarga mempelai sendiri, beberapa saat setelah pernikahan Tony Leung serta Carina Lau, potret mereka bocor di khalayak. Dari busana pengantin lelaki dengan tuksedo, pengantin perempuan dengan gaun pengantin putih, serta dikelilingi para lama atau biksu berbusana khas dalam warna maroon di depan sebuah zhong atau kuil, sadarlah para fans bahwa keduanya menjalin janji sehidup semati di Bhutan.

Dan salah satu pasangan selebritas asal Indonesia juga dikabarkan menikah di negeri ini pula. Saya jadi sempat membayangkan, tentunya suasana tenang serta khidmat kedua mempelai itulah yang bisa menjadi semacam garansi pemberian Bhutan bagi para pengantin untuk menikah di tanah indah ini.

Laman berikutnya adalah budaya lokal seputar pernikahan dan kehidupan perkawinan. Pasti tiada yang menyangka ....

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS